Ternyata Vaksin Tahap Pertama Tak Cukup untuk 35.985 Tenaga Kesehatan di Riau

Ternyata Vaksin Tahap Pertama Tak Cukup untuk 35.985 Tenaga Kesehatan di Riau
Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir

Riauaktual.com - Vaksin Sinovac tahap pertama sudah sampai di Pekanbaru, Riau sebanyak 20.000. Namun, vaksin itu tidak mencukupi dengan jumlah tenaga kesehatan di Riau sebanyak 35.985 orang.

Para tenaga kesehatan menjadi prioritas penerima vaksin di wilayah Riau. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, 35.985 tenaga kesehatan itu langsung menangani pasien terkonfirmasi Covid-19.

"Iya (belum cukup). Ini kan masih vaksin tahap pertama, nanti ada tahap kedua dan seterusnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir, Selasa (5/1).

Sementara, pagi ini 20 ribu vaksin Sinovac telah sampai di Riau. Saat ini vaksin tersebut disimpan di UPT Instalasi Farmasi dan Logistik Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Jalan Kesehatan Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

Dikatakannya, jatah vaksin untuk Riau mencapai 70 persen dari jumlah penduduk. Artinya, ada sekitar 4,8 juta vaksin yang akan diterima untuk warga Riau.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau, Edy Afrizal Natar Nasution mengatakan, vaksinisasi rencananya akan dilakukan pada 13 Januari 2021 nanti. Sementara untuk pemerintah pusat akan dilangsungkan pada 14 Januari nanti.

"Jadi, untuk distribusinya ke 12 daerah harus terlaksana sebelum tanggal 13 tersebut," kata Edy.

Edy menyebutkan, saat ini pihaknya mendata 10 nama yang ditunggu oleh pemerintah pusat. Nama-nama tersebut merupakan relawan yang akan menjalani vaksinasi pertama. Relawan ini diharapkan hadir dari tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga anggota DPRD.

"Ada arahan dari Mendagri pada saat rakor, masing-masing daerah harus memberikan 10 nama yang akan menjalani vaksinasi terlebih dahulu. Paling lambat tanggal 11 Januari. Ini dari tokoh masyarakat, agama, rekan-rekan dari DPRD," tandasnya. (SAN)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index