Suasana saat pesawat menghunjam ke laut. (FOTO: NBC/Chris Leipelt)

Pesawat Jatuh ke Laut, Penumpang Selamat Tanpa Luka, Pilot Rekam Video Sambil Minta Bantuan

Kamis,22 Agustus 2019 - 08:07:14 WIB Di Baca : 1047 Kali

Riauaktual.com - Tidak semua pesawat jatuh berakibat fatal. Pesawat jenis Beech Bonanza yang jatuh di Teluk Half Moon, bagian selatan San Francisco, AS ini salah satu buktinya.

Pesawat itu jatuh dari ketinggian 2000 kaki. Sempat mengeluarkan asap tiga kali sebelum menghunjam laut. Apa yang terjadi setelahnya?

Dua penumpang yang terdiri seorang laki-laki dan perempuan tampak berenang di dekat pesawat yang tak langsung tenggelam. Mereka tidak mengalami luka sedikit pun.

Loading...

Detik-detik jatuhnya pesawat tersebut terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Peristiwa itu terjadi Selasa (20/8/2019) sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Dikutip dari NBC News, dua penumpang berhasil diselamatkan menggunakan helikopter. 

Pesawat itu dilaporkan terbang bersama pesawat lain dengan pilot kedua segera melaporkan insiden itu kepada menara pengawas udara. 

Menurut pilot helikopter penjaga pantai, Letnan Komodor Joshua Murphy, tindakan pesawat kedua yang segera melaporkannya patut diapresiasi. 

"Keputusannya untuk tetap berada di lokasi kejadian sangat membantu respons cepat kami untuk menyelamatkan dua nyawa," terang Murphy. 

Jurnalis NBC Bay Area Ian Cull mengunggah video di Twitter yang menunjukkan detik-detik ketika pesawat itu menghujam ke laut. 

Kemudian video lain yang tampaknya diambil oleh pilot memperlihatkan dua orang melambai ke arah helikopter penjaga pantai. 

Pilot yang diidentifikasi bernama David Lesh, mampu keluar dari pesawat yang terlihat mulai tenggelam itu bersama temannya.

Lesh mengungkapkan, dia sedang terbang dan mereka tengah mengambil foto-foto ketika pesawat kehilangan tenaga di ketinggian 2.000 kaki. 

"Kami tahu hanya mempunyai 20 atau 30 detik sebelum tenggelam," ujar Lesh.

Dia kemudian menyuruh temannya untuk melompat dan mengambil benda yang bisa mengapung.

Lesh mengatakan mereka memang tidak terluka. Namun mengalami kedinginan karena berada di tengah laut dan juga disengat ubur-ubur. 

Dia melanjutkan mencurigai masalahnya ada di bahan bakar. Dia memaparkan pada dasarnya mendarat di air "hanya memberi dampak kecil". 

Kantor Sheriff San Mateo County menyatakan, mereka tengah menyelidiki penyebab sebenarnya mengapa pesawat tersebut bisa menghunjam ke laut.

Sumber: rakyatku.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...