Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Cukup Air jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Cukup Air jika Ingin Menurunkan Berat Badan
Banyak minum air putih (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - Minum air tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga membantu mendetoksifikasi tubuh Anda. Memiliki cukup air membantu tubuh Anda berfungsi dengan lancar dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda dengan meningkatkan pengeluaran energi istirahat.

Minum segelas air meningkatkan pengeluaran energi istirahat sebesar 24-30 persen dalam 10 menit, yang berlangsung sekitar 60 menit. Selain itu, masih ada lagi manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi cukup air setiap harinya, seperti dilansir Times of India pada Jumat (25/12/2020).

 minum

 

1. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, ia tidak dapat dengan mudah membuang limbah dan racun dari dalam tubuh. Air membantu ginjal menyaring racun. Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan sembelit. Air membantu pergerakan tinja dengan melunakkan tinja yang keras.

2. Menghentikan Anda makan berlebihan

Penelitian menyatakan bahwa minum segelas air setengah jam sebelum makan siang dan makan malam membuat Anda berhenti makan berlebihan. Minum air putih sebelum makan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan sebesar 13 persen.

3. Meningkatkan latihan Anda

Berolahraga secara teratur merupakan bagian integral dari hidup sehat. Dan Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa minum cukup air dapat meningkatkan kinerja latihan Anda.

Ini membantu otot, jaringan ikat dan sendi untuk bergerak dengan benar. Ini juga membantu jantung dan paru-paru untuk bekerja secara efektif saat mereka meningkat selama latihan.

4. Air putih adalah minuman nol kalori

Saat Anda memutuskan untuk menjadi lebih sehat, hal pertama yang Anda lakukan adalah menukar minuman manis Anda dengan air putih. Ini karena air adalah minuman penghidrasi nol kalori, yang menjaga asupan kalori Anda secara keseluruhan dibandingkan dengan minuman sarat gula lainnya. Dalam jangka panjang, memiliki cukup air juga mengurangi risiko obesitas dan penambahan berat badan.

Berapa banyak air yang harus Anda minum?

Kita semua pasti pernah mendengar bahwa minum 8 gelas air putih yaitu kurang lebih 2 liter saja sudah cukup. Tapi itu tidak benar. Jumlah air yang dibutuhkan seseorang untuk dikonsumsi sangat berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Misalnya, orang yang banyak berkeringat atau banyak berolahraga mungkin membutuhkan lebih dari 8 gelas air. Sementara orang yang duduk di AC sepanjang hari dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik, delapan gelas air mungkin cukup untuk mereka.

Perlu diingat bahwa kita semua mendapatkan air dari banyak makanan dan minuman seperti kopi, teh, susu, buah-buahan dan sayuran. Jadi, sebagai aturan praktis, Anda harus selalu minum air saat Anda merasa haus.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index