5 Kota Paling Aneh di Dunia, Salah Satunya Tidak Boleh Ada yang Mati

5 Kota Paling Aneh di Dunia, Salah Satunya Tidak Boleh Ada yang Mati

Riauaktual.com - Setiap kota di dunia pasti memiliki keunikan dan keanehannya masing-masing, mulai dari kontur alam, sejarah, adat sekitar, bahkan hingga kebiasaan masyarakatnya sendiri.

Seperti halnya 5 kota ini nih tipstrenners, mereka dijuluki sebagai kota paling aneh di dunia karena keadaannya. Bahkan salah satu kota tidak memperbolehkan masyarakatnya mati.

Penasaran kota mana saja? Simak sendiri sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

1. Kota Colma di Amerika Serikat

Kota Colma adalah kota terkecil di wilayah San Mateo, California, Amerika Serikat. Kota ini dijuluki sebagai City of Souls alias Kota Jiwa-jiwa.

Ingat julukan seram ini bukan tanpa alasan loh. Melainkan dalam laman resmi pemerintah setempat dituliskan bahwa Colma memiliki 16 kawasan pemakaman.

Dalam kota seluas 4,9 km persegi itu terdapat 1,5 juta ‘jiwa’ alias roh orang yang telah meninggal dan dikubur di sana. Sementara penduduk lokalnya yang hidup hanya berkisar 1.509 orang saja.

Jenazah-jenazah yang berada di Colma biasanya bukan berasal dari kota itu sendiri, tapi ‘diekspor’ dari luar kota, salah satunya adalah San Fransisco.

Ya benar sekali, jenazah yang tak lagi dapat tempat di San Fransisco karena wabah mematikan diungsikan di Colma, karena kuburan di kota itu sudah terlalu penuh.

2. Kota Setenil de las Bodegas di Spanyol

Kota Setenil de las Bodegas, Spanyol merupakan Kota yang dibangun di atas tebing yang dulunya digunakan oleh bangsa Moor, penduduk Arab yang pernah menguasai Spanyol.

Setenil de las Bodegas menjadi kawasan yang sangat terlindung pada masa itu.

Ketika penduduk Spanyol berhasil mengambil alih kuasa, tebing itu tak lagi dijadikan benteng. Sementara rumah-rumah di bawahnya tetap dipergunakan selama berabad-abad.

Lantaran tebing batu di atasnya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi hawa panas ketika musim panas, dan sebaliknya pada musim dingin.

Selain dijadikan pemukiman, warga setempat juga melaksanakan usahanya di rumah-rumah tersebut, seperti membuka kafe atau restoran.

3. Kota Matmata di Tunisia

Seperti dilansir dari laman Atlas Obscura, Matmata adalah sebuah kota yang rumah-rumah penduduknya berada di bawah tanah. Kota Matmata bahkan sempat populer karena dijadikan lokasi syuting rumah fiksi Luke Skywalker dalam film Star Wars.

Masyarakatnya menghuni lubang besar yang digali dari tanah-tanah berbatu. Rumah-rumah itu berbentuk gua dengan berbagai ruangan di dalamnya, mulai dari dapur, kamar tidur, hingga ruang tamu.

Bangunan berkonsep troglodyte itu diklaim dapat bertahan selama bertahun-tahun dan mengurangi sengatan panas matahari. Kecuali apabila terjadi hujan lebat yang menyebabkan banjir atau terjadi kekeringan ekstrem.

4. Kota Longyearbyen di Norwegia

Sebuah kota kecil di Norwegia yang bernama Longyearbyen punya peraturan yang unik, aneh, tapi nyata. Kota yang dikenal sebagai habitat beruang kutub itu melarang warganya untuk meninggal dunia.

Laman BBC juga mengungkapkan, aturan itu bahkan telah dimasukkan dalam undang-undang yang disahkan pemerintah setempat.

Alasannya sederhana, karena temperatur kota yang rendah dan berselimut salju, mayat di Longyearbyen akan sulit untuk membusuk. Bakteri dan serangga pengurai saja kesulitan untuk hidup di tempat ini.

Jenazah penduduknya yang meninggal akibat virus Flu Prancis pada 1917-1920 saja masih bersemayam di kota ini. Oleh karena itu, jika ada penduduk yang meninggal dunia, maka jenazahnya mesti diterbangkan ke bagian lain Norwegia.

5. Manshiyat Naser, Mesir

Dijuluki sebagai Kota Sampah, Manshiyat Naser adalah daerah kumuh dan termiskin di Ibu Kota Mesir, Kairo.

Dilansir Culture Trip, kawasan seluas 5,54 km persegi itu dihuni 262 ribu orang yang berprofesi sebagai Zabbaleen atau pemulung.

Penduduk setempat memanfaatkan limbah bekas masyarakat Kairo untuk bertahan hidup. Mereka mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah, membawanya pulang, lalu melakukan daur ulang.

Di Manshiyat Naser, sampah bisa kamu temukan di mana-mana. Hampir setiap titik daerahnya berisi sampah. Baik di tepi rumah, sudut jalan, hingga atap, kamu bisa menemukan berkarung-karung sampah.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index