Ada Netizen Ungkap Harga Makanan di Kalimantan: 50 Ribu Cuma Bisa Jajan Setengah Hari

Ada Netizen Ungkap Harga Makanan di Kalimantan: 50 Ribu Cuma Bisa Jajan Setengah Hari
Foto: TikTok @telesya.p

Riauaktual.com - Pengguna TikTok ini beberkan perbedaan hidup di Jawa dan Kalimantan. Ia menyebut harga makanan di Jawa jauh lebih murah dibandingkan di Kalimantan.

Biaya hidup di setiap daerah Indonesia berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi banyak hal, bisa karena lokasi, fasilitas, akses transportasi dan lingkungannya.

Seperti pulau Jawa, misalnya, yang terkenal sebagai daerah dengan biaya hidup terjangkau. Hal tersebut bisa dilihat dari harga makanan yang ditawarkan di warung-warung lokal di sana.

Saking murahnya bahkan membuat warung-warung makan tersebut menjadi viral. Namun, berbeda jauh dengan biaya hidup di Kalimantan. Hal tersebut diungkap oleh pengguna TikTok @telesya.p.Semangkuk mie ayam bisa dibanderol sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja Atau ada juga soto yang hanya dibanderol sekitar Rp 1.000 hingga Rp 5.000.

"Anak pulau Jawa bakal nangis tau kalau di Kalimantan, uang Rp 50.000 cuman bisa dijajanin setengah hari," tulisnya dalam keterangan video sebagaimana dikutiop dari Detikcom.

Lebih lanjut, ia membandingkan harga pada makanan yang ditawarkan di restoran fast food dan warung-warung kaki lima. Menurutnya, harga di warung kaki lima justru lebih mahal.

Di video lainnya, ia juga menceritakan pengalamannya saat membeli makanan dari gerai McDonald's dan warung nasi uduk kaki lima. Ia membeli pake makanan di fast food seharga Rp 17.000."Harga junk food lebih murah dibandingkan warung-warung pinggir jalan," tulisnya lagi.

Sementara ia membeli nasi uduk seharga Rp 38.000. Dalam video ia menyebut alasan mengapa harga makanan fast food bisa lebih murah dibandingkan warung kaki lima.

Video tersebut pun menjadi viral dan mendapat berbagai tanggapan dari netizen lainnya. Ada netizen yang memberi penjelasan lagi tentang mengapa makanan di Kalimantan lebih mahal.

"Mcd dan gerai fast food lainnya kan lebih banyak promonya daripada warung nasi uduk biasa. Jadi harganya bisa lebih murah fast food kemana-mana," ujarnya.

"Disini seblak 50k woi, soalnya cekernya impor dari Jawa," tulis netizen.

Selain itu, ada juga netizen yang terkejut dengan mahalnya harga makanan yang ada ditawarkan di Kalimantan. "Di Jawa 5k - 8k udah dapet pecel lengkap porsi banyak. Nasi goreng 8k," tulis netizen lainnya."Asli bener banget, aku juga tinggal di Kalimantan. Beli makan berdua sama adikku harganya sama kayak traktir makan lima orang di Jawa, Padahal standar rumah makannya sama," tulis netizen.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index