Diskusi Bersama Forjuri, AXA Mandiri Sampaikan Pentingnya Produk Asuransi di Masa Pandemi

Diskusi Bersama Forjuri, AXA Mandiri Sampaikan Pentingnya Produk Asuransi di Masa Pandemi

Riauaktual.com - Axa Mandiri yang merupakan perusahaan asuransi jiwa, proteksi kesehatan dengan program dan manfaat terbaik untuk keluarga, karyawan, dan investasi di Indonesia, menyampaikan pentingnya memiliki produk asuransi, terutama di era pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum ada kepastian bakal berakhir. 

Tentunya melalui asuransi, masyarakat menjadi lebih tenang karena sudah mengalihkan tanggungjawab resiko yang bisa terjadi kapan dan di manapun, kepada perusahaan asuransi.

Perihal ini diutarakan Luile Retno Sawitri selaku Head of Corporate Communication & Event Management PT AXA Mandiri Financial Services dalam Forum diskusi media dengan tema "Tips Memilih Asuransi untuk Melindungi Jiwa & Kesehatan Saat Pandemi" yang ditaja oleh Forum Jurnalis Riau (Forjuri) bersama AXA Mandiri Kamis (3/12/2020). 

Ia mengatakan penggunaan asuransi bisa sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Asuransi sangat penting apabila dibandingkan dengan menggunakan tabungan untuk membayar kerugian atau kerusakan aset, apalagi dengan biaya yang mahal. 

"Acapkali hal-hal yang tak diinginkan terjadi dalam hidup kita. Semisal terserang penyakit kritis hingga kecelakaan yang membutuhkan biaya yang besar. Jika kita mempunyai asuransi, kita tidak akan khawatir lagi dengan hal-hal tersebut. Kemana-mana nggak takut lagi. Dengan asuransi kita akan merasa aman dan nyaman. Analoginya, kalau rumah kita dijaga satpam gimana? Tentu kita akan merasa tenang dan nyaman kan," sebut Luile Retno Sawitri.

Ia mengatakan di masa pandemi seperti sekarang ini, AXA Mandiri juga siap memberikan layanan bagi masyarakat yang terdiagnosa infeksi Virus Corona Covid-19 melalui produk asuransi kesehatan. 

"Bahkan selama Covid-19 melanda, AXA Mandiri sudah membayarkan klaim nasabah yang menjadi pasien Covid-19 hingga Rp13 miliar. Karena memang untuk pembiayaan covid sangat mahal. Meski Pemerintah sudah menanggung biayanya, namun masih ada kok yang melakukan pembayaran dari kita juga. Nilainya bahkan sampai ratusan juta," tuturnya.

Lebih jauh Luile menyebut, di masa pandemi Covid-19, minat asuransi di masyarakat memang mengalami peningkatan hingga 20 persen. 

"Tapi balik lagi, jangan nunggu Covid-19 baru asuransi. Sedini mungkin kita harus memikirkan soal asuransi ini," ucapnya.

Adapun Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau Yusri yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan beberapa tips penting sebelum menjatuhkan pilihan kepada salah satu perusahaan asuransi. Diantaranya pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Lalu pastikan agen asuransi yang dipilih merupakan agen bersertifikasi keagenan. Selanjutnya kenali kapasitas perusahaan asuransi agar diperhatikan rasio Risk Based Capital (RBC) dalam memilih perusahaan asuransi. 

"Kemudian sebelum menjatuhkan pilihan untuk ikut dalam asuransi, pemohon perlu memperhatikan pada saat mengisi surat permohonan dengan lengkap dan jujur. "Karena sikap jujur akan berkaitan saat kita melakukan klaim," ucapnya.

Disamping itu, sebutnya, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah baca polis secara detail, apa itu manfaat asuransi, pengecualian dalam klaim, premi, jangka waktu dan biaya. 

"Serta pastikan memiliki kemampuan membayar premi," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index