Ini Cara Covid-19 Menyerang Otak Lewat Hidung

Ini Cara Covid-19 Menyerang Otak Lewat Hidung
Ilustrasi

Riauaktual.com - Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience menyajikan penjelasan yang masuk akal untuk gejala-gejala berbeda ini.

Penelitian tersebut menjelaskan bagaimana SARS-CoV-2 tidak hanya menyerang saluran pernapasan tetapi juga berdampak pada sistem saraf pusat (SSP), mengakibatkan gejala neurologis seperti hilangnya penciuman, rasa, sakit kepala, kelelahan, dan mual.

Ini dilakukan dengan menginfeksi otak manusia melalui lendir hidung, demikian menurut penelitian. Penemuan ini adalah yang pertama menunjukkan bagaimana virus corona dapat memasuki neuron otak melalui jalur mukosa.

Untuk mengonfirmasi hipotesis mereka, para ilmuwan di Jerman melakukan otopsi pada 33 pasien yang meninggal karena Covid-19.

Mereka mempelajari lendir di belakang hidung - di atas mulut tempat tenggorokan bergabung dengan rongga hidung - serta sampel jaringan otak.

Materi genetik dari virus corona hadir dalam jumlah terbesar di lendir rongga hidung, tetapi protein lonjakan SARS-CoV-2 - yang memfasilitasi masuknya virus ke dalam sel - juga ditemukan di otak.

Dr Frank Heppner, salah satu penulis studi dari Charité – Universitätsmedizin Berlin, mengatakan: "Begitu berada di dalam mukosa penciuman, virus tampaknya menggunakan koneksi neuroanatomikal, seperti saraf penciuman, untuk mencapai otak.

Mendukung klaim mereka, para ilmuwan menangkap gambar mikroskop elektron pertama dari partikel virus corona utuh di dalam lendir.

Namun, penelitian tersebut tidak menetapkan bagaimana virus masuk ke otak dari titik ini.

“Data kami menunjukkan bahwa virus berpindah dari sel saraf ke sel saraf untuk mencapai otak,” jelas Dr Helena Radbruch, salah satu akademisi yang mengerjakan penelitian tersebut dikutip dari suara.com.

"Namun, kemungkinan besar virus juga ditularkan melalui pembuluh darah, karena bukti virus juga ditemukan di dinding pembuluh darah di otak."

Studi tersebut juga mendeteksi keberadaan sel kekebalan dalam cairan otak, yang diaktifkan setelah infeksi.

Profesor Heppner berkata: "Di mata kami, keberadaan virus di sel saraf mukosa penciuman memberikan penjelasan yang baik untuk gejala neurologis yang ditemukan pada pasien - seperti hilangnya indra penciuman atau rasa.

"Kami juga menemukannya di area otak yang mengontrol fungsi vital - seperti pernapasan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index