Ceritakan Permasalahan Sampah, Forum Masyarakat Peduli Batang Siak Mengadu di Reses Ginda Burnama

Ceritakan Permasalahan Sampah, Forum Masyarakat Peduli Batang Siak Mengadu di Reses Ginda Burnama

Riauaktual.com - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama turun ke Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Senapelan, Minggu (29/11/2020).

Turunnya anggota legislatif Kota Pekanbaru ini guna menjemput aspirasi dari masyarakat yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing.

Ada banyak hal yang diadukan masyarakat dalam kesempatan itu, mulai dari kondisi jalan yang kurang bagus, permasalahan drainase hingga masalah kebersihan.

Namun ada suatu hal yang sangat penting untuk diperjuangkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru itu, yakni mengenai kebersihan Sungai Siak.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Forum Masyarakat Peduli Batang Siak Herman, yang mana selama keberadaan forum ini belum pernah mendapat bantuan secara penuh oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Diceritakannya, saat ini kondisi Sungai Siak sangatlah tidak baik, banyak sampah yang mengalir di sepanjang sungai, dan itu berasal dari parit yang bermuara ke Sungai Siak.

"Dulu sudah pernah kami coba mengajukan lamaran ke Dinas PU, namun Alhamdulillah sampai sekarang belum ada jawaban. Jadi, kami bekerja seadanya," kata Herman.

Empat tahun keberadaan forum itu yang dikepalai olehnya, hanya mendapat beberapa unit perahu. "Perahu ada, tapi tanpa mesin," jelasnya.

Dia berharap, dalam reses kali ini apa yang disampaikannya dapat diperjuangkan oleh Ginda Burnama di tahun selanjutnya.

Dihadapan Ginda, Herman meyakinkan jika apa yang diperlukan oleh Forum Masyarakat Peduli Batang Siak terpenuhi dalam jangka tiga bulan permasalahan sampah sudah teratasi.

"Dalam jangka waktu tiga bulan saja, saya yang jamin akan bersih. Disini, kami sudah menyiapkan bagaimana cara mengatasi permasalahan sampah di Sungai Siak," tambah Herman meyakinkan Ginda.

Dengan apa yang terjadi di Sungai Siak saat ini, Herman sangat sedih, sebab Sungai yang juga menjadi ikon Kota Pekanbaru tak terurus. "Saya jujur, sedih jika melihat kondisi Sungai Siak ini," tegasnya.

Menanggapi akan hal itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama bertekad akan memperjuangkan apa yang disampaikan itu.

"Nanti, bersama dengan rekan lainnya apa yang bapak sampaikan akan kami perjuangkan kembali," jawab Ginda.

Sebab, menelaah apa yang disampaikan Herman, tidak semudah dibayangkan, semua hal-hal mengenai itu tentu melalui proses dan aturan.

"Itu menjadi hal yang akan saya perjuangkan, bagaimananya tentu ada hal yang perlu dimasukkan mulai dari hulu hingga ke hilirnya," ucapnya.

Sementara aspirasi diperjuangkan, Ginda meminta keberadaan Forum Masyarakat Peduli Batang Siak untuk tetap bekerja sambil menunggu apa yang diinginkan terealisasi.

"Bapak bersama anggota tetap semangat dan bekerja. Jika terealisasi, jangan berterima kasih kepada saya, berterimakasih lah ke Pemerintah Kota Pekanbaru, karena saya sifatnya hanya penyambung lidah," pungkas Ginda. (Ral)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index