Ada Hiu versus Buaya Raksasa bak Legenda Surabaya di Australia

Ada Hiu versus Buaya Raksasa bak Legenda Surabaya di Australia
Buaya berhadapan dengan hiu banteng terekam kamera di Sungai Ord, Australia (Youtube)

Riauaktual.com - Sebuah momen unik terekam kamera drone di Sungai Ord. Seekor hiu banteng kabur saat melihat buaya raksasa di sungai wilayah Kununurra, Australia Barat tersebut. Video itu viral di media sosial. Di Indonesia, kejadian ini disamakan seperti cerita legenda Kota Surabaya, Jawa Timur.

Adalah drone milik pasangan suami istri, Chelase dan Bryce yang tak sengaja merekam momen menegangkan “hiu Vs buaya” tersebut.

Melansir Daily Mail, Sabtu (28/11/2020), Chelase dan Bryce sedang memancing di dekat Ivanhoe Crossing, Kununurra. Mereka memasang drone untuk melihat apa saja yang mengintai di depan mereka.

Dalam rekaman video yang diposting di channel Youtube Caravan Adventure Aus tersebut, tampak ada hiu banteng berenang meliuk-liuk di air. Momen menegangkan terjadi saat hiu itu berhadapan dengan seekor buaya raksasa yang jauh lebih besar dari tubuhnya.

Buaya bergeming menunggu dengan sabar lawannya mendekat. Begitu kedua hewan ganas ini mendekat, apa yang terjadi?

Melihat ada buaya, hiu yang bisa tumbuh 2,1 meter tersebut langsung putar balik kanan lalu berupaya menjauh dari buaya. Sang buaya bergeming. Setelah hiu tidak terlihat lagi di kamera, reptil pembunuh itu baru bergerak menuju hutan rawa.

Beberapa buaya di Australia diketahui bisa tumbuh sepanjang 6 meter dengan bobot dapat mencapai 1,3 ton.

Chelase memperkirakan buaya raksasa terekam di kameranya panjangnya hampir 5 meter.

“Kami tidak menyadari ada buaya atau hiu di daerah itu karena penduduk setempat selalu berada di dalam air,” kata Chelsea kepada Daily Mail Australia.

 

Ia menambahkan ada anak-anak yang berenang di dekat kawasan hiu dan buaya itu.

“Saya pikir ini jarang terjadi, tetapi mungkin baik bagi orang-orang untuk melihat apa yang bersembunyi di sekitar perairan di Kawasan Kimberley,” ujar Chelsea.

Rekaman tersebut juga dibagikan ke halaman Instagram Chelsea dan Bryce yang dengan cepat menjadi viral.

Melansir dari Solopos, momen ini mengingatkan cerita legenda dari kota di Indonesia yaitu Surabaya. Konon nama kota tersebut berasal dari pertarungan antara Sura sebutan ikan hiu, dan Baya yang merupakan seekor buaya.

Kedua hewan ini diceritakan sering bertarung untuk memperebutkan makanan dengan kekuatan masing-masing. Namun tidak ada yang menang atau kalah dari pertarungan tersebut. Hingga akhirnya mereka membuat kesepakan untuk berbagi daerah kekuasaan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index