Dimasa Pandemi, Pemkab Pelalawan Serahkan Bantuan Kartu Tani Ke Masyarakat

Dimasa Pandemi, Pemkab Pelalawan Serahkan Bantuan Kartu Tani Ke Masyarakat

Riauaktual.com - Dimasa pandemi Covid -19 berdampak terhadap sektor ekonomi masyarakat, hal tersebut Pemerintah berupaya mencarikan solusi mulai dari memberikan bantuan BLT dan hingga sembako ke masyarakat.

Baru-baru ini Bupati Pelalawan, HM Harris menyerahkan secara simbolis Kartu Tani ke Kelompok Tani untuk membantu kelompok tani dimasa pandemi Covid-19.

Kepada Riauaktual.com, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani mengatakan bahwa kartu tani adalah program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI. 

"Tujuan untuk memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Sudah sejak lama Kementerian Pertanian meluncurkan pupuk bersubsidi untuk petani yang tidak mampu yang lahannya tidak terlalu luas," ucap Kepala DPMPTSP Pelalawan ini, Sabtu (28/11/2020) melalui WhatsApp.

Lanjut Budi dengan adanya Kartu Tani ini pendistribusian dari penyalur atau distributor hasil pertanian akan lebih tertib dan sesuai dengan yang berhak menerima. Dikatakanya, ada empat kegunaan dari kartu tani ini yang pertama sebagai alat kontrol kuota yang berhak menerima, jadi yang menerima kartu tani ini bisa langsung ke distributor atau ke penyalur, nanti di sana ada alat untuk menggesek kartu tani ini dan langsung keluar kuotanya berapa.

Kedua Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan PT. Bank Mandiri,Tbk kartu tani ini seperti Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) yang di lengkapi dengan buku rekening juga bisa untuk menyimpan hasil penjualan. Sedangkan yang ketiga kartu tani ini akan memberikan fasilitas pinjaman atau kredit bagi petani yang membutuhkan modal untuk bertani.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan kartu tani itu bisa digunakan untuk pupuk subsidi, kartu ini akan menertibkan bagaimana para petani yang tidak mampu harus bisa mendapatkan pupuk subsidi sehingga tepat sasaran. Jadi Pemerintah telah berbuat yang terbaik untuk masyarakat.

“Khusus petani kita akan di mudahkan dengan adanya terobosan melalui Kartu Tani ini. Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan terus menciptakan dan berupaya di dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Pelalawan," ucap HM Harris saat menyerahkan Kartu Tani beberapa waktu lalu di Kecamatan Bunut.

Ditambahkan Bupati dua periode ini, masyarakat akan mendapatkan pupuk subsidi dengan tertib, ini akan mempermudah para petani di daerah kita dan akan lebih tertib dalam pendistribusian dari penyalur atau distributor hasil pertanian. Akan terus berbuat dan melaksanakan terobosan terobosan untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat pelalawan dalam berbagai sektor.

Diakhir sambutan Bupati Pelalawan selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan Memakai masker, Mencuci tangan serta Menjaga jarak (M3) dan Tidak berkerumun (T1). (Rik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index