Nur Azmi Hasyim

Nur Azmi Hasyim : Demokrat Bengkalis Belum  Memberikan Dukungan Kepada Bakal Calon Bupati 2020 Mendatang

Minggu,14 Juli 2019 - 17:51:04 WIB Di Baca : 690 Kali

Riauaktual.com- Menjelang bergulirnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 2020. Mulai banyak isu berkembang terkait bakal calon (Balon) Bupati Bengkalis yang bermunculan. 

Satu diantaranya adalah salah satu Kader dari PAN. Beberapa analisa dalam pemberitaan yang terangkum mengatakan bahwa partai besutan SBY ini akan memberikan dukungan kepada beliau mengingat ketua DPC Demokrat Bengkalis, Nur Azmi Hasyim, ST memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengannya. 

Menyikapi hal tersebut, ketua Demokrat Bengkalis memberikan keterangan saat dihubungi awak media. "Demokrat Bengkalis sampai detik ini belum menentukan sikap terkait Pilkada tahun 2020 mendatang. Kami menghargai semua analisa yang berkembang dan akan menjadikannya masukan dalam menentukan sikap kedepan", ungkap pria yang akrab disapa Emi ini ketika ditanyai wartawan, Minggu (14/7/2019) 

Loading...

Emi menjelaskan, Demokrat memiliki mekanisme sendiri dalam menentukan koalisi dan dukungan. Ada tahapan - tahapan yang harus dilalui hingga keputusan itu dibuat. 

"Demokrat memiliki tradisi dalam menentukan arah dukungan dan koalisi. Penjaringan dan survei akan dilakukan sebelum keputusan diambil. Jadi, bukan karena saya ponakannya, lantas dukungan Demokrat pun beliau dapatkan secara merta, tidak seperti itu mekanismenya. Bisa saja berdasarkan survei, partai menginginkan kadernya sendiri yang ikut berkompetisi", jelas Emi. 

Ditambahkan Emi, "Kami saat ini malah fokus melakukan evaluasi dan konsolidasi pasca pemilu kemarin. InsyaAllah dalam waktu dekat, kita akan melakukan musyawarah di tingkat anak cabang di tiap kecamatan. Jadi, masih jauh lah, masih satu tahun lagi, masih sempat orang berangkat haji satu kali, hehehe", tandas Emi.

Menurut dia, untuk menentukan koalisi dan dukungan juga nantinya harus harus sesuai arahan dan petunjuk dari DPD dan DPP Partai Demokrat. Karena DPP merupakan pihak yang menentukan dalam pengambil keputusan akhir dari sebuah proses dukungan Pada Pilkada. 

Kita hari ini sampai September masih fokus untuk konsolidasi internal pasca Pemilu Legislatif, salah satu agenda yang akan dilaksanakan diantaranya melakukan Musyawarah Anak Cabang. Sementara untuk menghadapi Pilkada 2020 baru akan melakukan survei internal bakal calon (Balon) Bupati maupun Wakil Bupati pada September hingga Desember mendatang," ungkap Politisi muda asal Rupat ini.

Emi menjelaskan, untuk menentukan sikap pada Pilkada 2020 mendatang pihak Demokrat akan melakukan survei internal terlebih dahulu terhadap kandidat Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati Bengkalis mulai September hingga Desember 2019 ini. Kemudian baru mengumumkan hasil survei pada Rakercab Demokrat Bengkalis pada Januari 2020 mendatang.

"Hasil survei Balon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis ini akan diumumkan pada Januari 2020 mendatang pada Rakercab DPC Partai Demokrat Bengkalis. Terkait survei yang dilakukan, Demokrat akan memprioritaskan kader Demokrat terlebih dahulu," tambahnya.

Beberapa kriteria dalam survei yang dilakukan pihak Demokrat akan prioritaskan kader sendiri. Kemudian baru pihak diluar partai seperti Petahana, Tokoh masyarakat dan Ketua Partai Politik," tambahnya.

Setelah masa penjaringan dan melihat hasil survei yang dilakukan, Demokrat akan melakukan penjajakan ke partai politik lain guna membangun koalisi. Nanti hasil penjajakan ini akan diumumkan secara resmi oleh Demokrat Bengkalis.

"Untuk hasil penjaringan terkait berkoalisi dengan siapa dan Bakal Calon mana yang akan kita usung nanti pada Maret tahun depan baru akan kita sampaikan," tandasnya.(put)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...