Karena Ini, FPK Inhil Dapat Pujian Dari Kesbangpol Provinsi Riau

Karena Ini,  FPK Inhil Dapat Pujian Dari Kesbangpol Provinsi Riau

Riauaktual.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan silaturahmi dan pertemuan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di salah satu penginapan di Tembilahan, Senin 23 November 2020.

Kegiatan yang mengambil tema melalui forum pembauran kebangsaan kita tingkatkan rasa solidaritas dikalangan masyarakat untuk mewujudkan keserasian hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tersebut dibuka langsung Bupati Inhil HM Wardan.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Dandim 0314 Inhil, Kapolres Inhil, unsur Forkopimda, Kepala Kesbangpol Riau, Kepala Kesbangpol Inhil dan jajaran serta seluruh pengurus FPK kecamatan se Kabupaten Inhil.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Sekretaris Kesbangpol Inhil, Marlis Syarif menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota FPK Kabupaten Inhil serta pengurus FPK kecamatan se Kabupaten Inhil.

"Peserta berjumlah 60 orang, kita ingin menyatukan visi dan misi pengurus FPK se Kabupaten Inhil," ungkap Marlis Syarif didampingi Kepala Bidang Ketahanan Ideologi Bangsa Kesbangpol Inhil, Maizul Dato' Kayo.
Dijelaskannya, kedepannya agar apa yang dilakukan oleh FPK se Kabupaten Inhil akan dapat dianggarkan oleh Pemerintah Daerah karena FPK merupakan sebuah organisasi.

"FPK ini organisasi, bukan paguyuban, yang mana dibentuk sesuai Kemendagri nomor 34 tahun 2006 dan terdiri dari seluruh suku yang ada di Kabupaten Inhil yang bersatu dalam 1 wadah," jelasnya.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Kaharuddin menyampaikan ucapan selamat kepada Badan Kesbangpol Inhil yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya. 

"Hanya di Kabupaten Inhil Forum Pembauran Kebangsaan pengurusnya sudah terbentuk sampai di tingkat kecamatan," puji Kaharuddin.

Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya berharap FPK dapat mencegah atau mengantisipasi terjadinya konflik dengan mengedepankan toleransi, menghargai perbedaan dan mau menerima kemajemukan sebagai rahmat Allah SWT.

"Semoga pertemuan ini dapat mewujudkan suasana kondusif, tertib, aman dan harmonis ditengah tengah masyarakat yang saat ini masih menghadapi berbagai dampak akibat covid 19," harap bupati.

Senada dengan Ketua DPRD Inhil, Dr. Ferryandi yang menyatakan kegiatan tersebut sangat baik dalam rangka menjaga kebersamaan dan kekerabatan serta menjaga situasi yang kondusif.

"Saya lihat beberapa tahun terakhir di Inhil tidak pernah terjadi perpecahan antar suku, ini perlu kita pertahankan. Kita selalu harmonis dalam membangun Inhil bersama-sama," pungkasnya. (Wan) 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index