5 Orang Paling Tajir Sejagat, Harta Kekayaan Di Atas 100 Miliar Dolar

5 Orang Paling Tajir Sejagat, Harta Kekayaan Di Atas 100 Miliar Dolar
Bernard Arnault, pemilik perusahaan barang mewah LVMH. (Foto Forbes)

Riauaktual.com - Masa pandemi Covid-19, ajang bagi pengusaha produsen barang mewah LVMH asal Prancis Bernard Arnault menambah pundi-pundi kekayaannya. Pekan lalu setelah menjanjikan produk vaksin Covid-19, melonjaklah harga saham perusahaan miliknya itu. LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton.

Dengan kenaikan saham LVMH, Bloomberg Billionaires Indeks, peringkat kekayaan harian memposisikan Arnault sebagai terkaya ke empat. Setelah nama Jeff Bezos, Bill Gates, dan Ellon Musk. Di posisi kelima, ada Mark Zuckerberg di klub orang paling tajir sejagat. Dengan demikian, Arnault dinobatkan jadi orang terkaya di Eropa.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, ini merupakan pertama kalinya lima orang di dunia yang memiliki kekayaan melebihi 100 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.420 triliun (kurs Rp 14.200). Istilahnya centibillionaire. Yaitu sebutan bagi orang-orang yang kekayaannya lebih dari 100 miliar dolar.

Terlepas dari semua kekacauan dan krisisnya, tahun 2020 telah menjadi tahun pamer kekayaan bagi orang terkaya di dunia. Dari 500 orang taipan yang dilacak Bloomberg Billionaires Index, tercatat telah menambahkan 1,2 triliun dolar kekayaan sejak Januari. Kenaikan 21% dibantu lonjakan pasar saham. Laju perolehan kekayaan yang sangat cepat.

Dua tahun lalu, hanya ada satu centibillionaire di planet ini: pendiri Amazon.com Inc. Bezos, yang sekarang menjadi centibillionaire dua kali lipat meskipun terjadi perceraian yang mengakibatkan dia menyerahkan jutaan saham Amazon kepada mantan istrinya, MacKenzie Scott.

"Ini bukan tonggak penting untuk dirayakan, tetapi lebih merupakan cerminan bermasalah dari sistem ekonomi global yang rusak," kata Chuck Collins, direktur Program tentang Ketimpangan dan Kebaikan Bersama di Institute for Policy Studies, Washington DC. .

Peraih keuntungan terbesar pada indeks Bloomberg pada Senin adalah taipan ritel Spanyol Amancio Ortega, pendiri induk Zara Inditex SA. Kekayaan bersihnya melonjak 7,6 miliar dolar karena ada dugaan investor kemungkinan kembali ke toko fisik. 

Tidak semua miliarder menangguk keuntungan dari pandemi. Setelah menjadi orang terkaya kedua di dunia, kekayaan Ortega yang berfokus pada ritel sangat terpukul pandemi Covid-19. Peningkatan pada hari Senin menghapus hampir setengah dari penurunannya untuk tahun ini.

Mereka yang kekayaannya terikat dengan perusahaan yang berkembang selama pergolakan Covid-19 mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya kegiatan virtual dan santernya berita kehadiran vaksin Covid-19.

Kekayaan bersih Kepala Eksekutif Zoom Video Communications Inc. Eric Yuan anjlok 20%, atau 5,1 miliar dolar, karena saham perusahaan merosot.

Pendiri Peloton Interactive Inc. John Foley, yang menjadi miliarder tahun ini karena kenaikan harga saham perusahaan kebugaran rumah, kehilangan 300 juta dolar. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index