Tujuh Manfaat Tak Terduga Makan Nangka

Kamis,11 Juli 2019 - 14:09:56 WIB Di Baca : 187 Kali

Riauaktual.com -  Buah nangka termasuk dalam buah lokal yang digemari. Tak hanya karena rasanya yang manis, nangka juga termasuk dalam buah yang memiliki harga terjangkau sehingga bisa kita dapatkan dengan mudah. 

Namun banyak orang tidak ketahui, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari buah yang bisa mengenyangkan perut ini.

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah nangka

Loading...

Sebagaimana buah-buahan pada umumnya, nangka memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir Doktersehat, berikut adalah beberapa manfaat tak terduga dari nangka"

1. Baik bagi kesehatan jantung

Nangka termasuk dalam buah yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan ini dikenal bisa membantu menjaga fungsi otot, termasuk fungsi otot jantung. Selain itu, keberadaan kalium ini juga akan membantu tubuh mengendalikan natrium yang bisa didapatkan dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

Sebagai informasi, natrium bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah dengan signifikan. Hal ini berarti, jika kita mampu mengendalikannya, maka risiko untuk terkena hipertensi akan menurun.

Selain bisa membantu menurunkan tekanan darah, keberadaan kalium di dalam nangka juga bisa membantu mencegah datangnya kerusakan pada pembuluh darah arteri dan jantung.

2. Membuat kuat menjadi lebih kuat dan sehat

Jika kita menerapkan gaya hidup yang kurang sehat, maka risiko untuk mengalami masalah kesehatan tulang layaknya osteoporosis atau radang sendi akan meningkat dengan signifikan. Beruntung, kita bisa mencegah kedatangan dmasalah kesehatan ini dengan cara mengonsumsi nangka.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan kalsium dan kalium yang tinggi di dalam buah berwarna kekuningan ini. Kandungan ini akan membantu meningkatkan proses penyerapan kalsium yang baik bagi kekuatan tulang.

3. Bisa menyehatkan darah

Nangka termasuk dalam buah yang tinggi kandungan zat besi. Sebagai informasi, zat besi sangatlah penting untuk proses produksi sel darah merah dan mencegah datangnya anemia. Selain itu, keberadaan vitamin C dan beberapa mineral seperti tembaga dan magnesium juga akan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat sekaligus membuat kualitas darah semakin membaik.

4. Bisa mengatasi masalah pencernaan

Sebagaimana buah pada umumnya, nangka memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat dikenal luas sebagai kandungan yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Kita pun bisa mengonsumsinya jika mengalami gangguan kesehatan seperti sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, keberadaan serat ini juga bisa mencegah penyerapan kolesterol tinggi dengan baik.

5. Bisa menyehatkan tiroid

Tiroid adalah sejenis kelenjar yang memiliki fungsi untuk mengendalikan sistem metabolisme tubuh, keseimbangan hormon, menjaga suhu tubuh, tekanan darah, berat badan, hingga suhu internal tubuh. Jika sampai kelenjar ini bermasalah, maka kesehatan tubuh akan menurun.

Dengan mengonsumsi nangka yang tinggi nutrisi, tiroid akan menjadi lebih sehat dan akhirnya membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

6. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam nangka terdapat kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita pun tidak akan mudah terkena infeksi, virus, sekaligus mencegah datangnya paparan buruk radikal bebas penyebab penyakit.

7. Bisa menyehatkan kulit

Tak disangka, makan buah nangka ternyata juga bisa membantu menyehatkan kulit, lho. Hal ini disebabkan oleh keberadaan vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa menghambat penuaan dini, mencegah paparan radikal bebas, dan mencegah datangnya berbagai macam masalah kulit lainnya.

 

Sumber: rakyatku


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...