5 Cara Hemat Kuota Paket Data di Smartphone Android, Tanpa Aplikasi!

5 Cara Hemat Kuota Paket Data di Smartphone Android, Tanpa Aplikasi!
Ilustrasi melihat smartphone. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Riauaktual.com - Pengguna Android seringkali kewalahan untuk menghemat laju penggunaan paket data yang kerap terkuras. Hal ini hanya bisa diatasi dengan konsumsi internet yang tepat, mengingat tak semua bisa mengakses kuota besar tiap bulannya.

Untungnya, ada sejumlah cara mudah untuk menghemat kuota internet tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Berikut cara hemat kuota paket data di smartphone Android, seperti dilansir oleh Tekno Liputan6.com.

1. Membatasi Penggunaan Data

Salah satu cara untuk menghemat kuota internet adalah membatasi penggunaan data. Caranya cukup mudah dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone Android.

Anda dapat melakukannya langsung melalui menu Settings di Android. Dengan cara ini, saat konsumsi data mendekati batas yang sudah ditentukan, Anda akan langsung mendapat peringatan agar tak melebihi batas.

2. Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Memperbarui aplikasi merupakan salah satu cara untuk membuat perangkat makin optimal. Alasannya, pembaruan tersebut biasanya berisi fitur-fitur terbaru atau solusi dari masalah yang ada di aplikasi.

Tak jarang, pembaruan ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga menguras kuota internet yang dimiliki. Karenanya, gunakan opsi pembaruan dengan Wi-Fi agar konsumsi data tidak berlebihan.

3. Matikan Data Saat Tidak Terpakai

Saat smartphone sedang tidak dipakai, ada baiknya Anda matikan jaringan internet yang sedang aktif. Sebab, ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di belakang (background), sehingga masih mengonsumsi kuota internet.

Untuk itu, agar kuota internet tidak tersedot ke aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat mematikannya terlebih dulu. Dengan melakukan ini, selain menghemat kuota internet, Anda juga dapat menghemat konsumsi baterai.

4. Mengaktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Pengguna Android pasti sudah tidak asing dengan Chrome untuk berselancar di dunia maya. Nah, bagi Anda yang tidak ingin banyak menghabiskan kuota internet, Chrome sudah hadir dengan fitur Data Saver.

Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, tinggal membuka Chrome lalu pilih menu Settings yang dapat diakses dari pojok kanan atas. Lalu, buka Data Saver dan aktifkan fitur Data Saver.

5. Batasi Penggunaan Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi paling populer saat ini. Karenanya, pengguna smartphone tidak akan ketinggalan untuk memasang aplikasi ini. Kendati demikian, ada satu masalah dari aplikasi ini, yakni konsumsi data yang cukup tinggi.

Dengan ini, Anda harus mulai membatasi penggunaan Instagram agar kuota internet tak cepat habis.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index