Dispora Riau Raih KI Riau Award 2020

Dispora Riau Raih KI Riau Award 2020

Riauaktual.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau meraih piagam penghargaan Komisi Informasi (KI) Riau Award 2020 dari KI Riau. Penghargaan KI Riau Award yang disabet Dispora Riau ini, sebagai Peringkat Menuju Informatif kategori Organisasi Perangkat Daerah (PPID Pembantu) Provinsi Riau.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dispora Riau Boby Rachmat dalam acara KI Riau Award 2020, Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Pemeringkatan dan Penganugerahan Badan Publik se-Provinsi Riau Tahun 2020, yang digelar di Hotel Grand Central, Kota Pekanbaru, Kamis (12/10) malam.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Pimpinan DPRD Riau Hardianto, Ketua KI Pusat Gede Narayana, Forkopimda Riau, sejumlah bupati/walikota di Riau, pimpinan BUMD, pimpinan partai politik, dan tamu undangan lainnya.

"Alhamdulillah Dispora Riau mendapat penghargaan KI Riau Award  2020 sebagai Peringkat Menuju Informatif dari KI Riau. Penghargaan ini sebagai bukti Dispora Riau terus berupaya menerapkan keterbukaan informasi," tutur Boby.

Sementara itu, Gubri Syamsuar memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan KI Riau Award 2020 yang mengangkat tema "Menuju Budaya Kerja Aparatur yang Transparan Dalam Mewujudkan Informasi Berbasis Teknologi di Provinsi Riau".

"Transparansi sangat berpengaruh atas partisipasi masyarakat dan mampu mendorong akuntabilitas pelaksanaan Badan Publik. Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik menjamin setiap warga negara berhak mendapatkan informasi publik dengan atau tanpa diminta. Namun demikian keniscayaan amanah Undang-Undang bukanlah terbuka tanpa batas. Ada informasi yang dikecualikan atau dirahasiaan," ujar Gubri seperti dirilis mediacenter.riau.go.id.

Ketua KI Pusat Gede Narayana menjelaskan transparansi Badan Publik menyelamatkan semua pihak baik dari jeratan hukum, maladministrasi, dan membentuk tata kelola pemerintahan yang baik dan dipercaya rakyat. 

"Transparansi menyelamatkan dari jerat hukum, maladministrasi, dan tata kelola pemerintahan menjadi baik dan dipercaya rakyat. Kepercayaan rakyat menjadikan pemerintahan kuat," ujarnya.

Ketua KI Riau, Zufra Irwan menyampaikan bahwa KI Award menjadi agenda rutin yang diselenggarakan oleh KI Riau untuk memberikan penghargaan kepada Pejabat Pengelola Informasi yang aktif melaksanakan keterbukaan informasi publik.

Berbeda dari tahun sebelumnya, ajang bergengsi kali ini memiliki satu kategori baru, yakni kategori instansi vertikal dan satu tokoh khusus. Untuk diketahui, lima kategori sebelumnya dalam KI Award adalah partai politik, perguruan tinggi, kabupaten/kota, BUMD dan OPD Pemprov Riau.

Zufra Irwan menerangkan, masing-masing kategori memiliki klaster penilaian meliputi cukup informatif, menuju informatif dan informatif, tergantung akumulasi nilainya. Ia menambahkan, proses penilaian badan publik ini telah dilaksanakan sejak Juli lalu yang diawali dengan penyerahan daftar kuesioner Self-Assessment Questionnaire (SAQ) kepada seluruh badan publik, disusul kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), visitasi hingga pleno pemeringkatan yang dilakukan para komisioner KI Riau. "Tertinggi klaster informatif dan terendah cukup informatif," ujarnya. (Jar)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index