Pria Ini Menimbun Barang Selama 20 Tahun, Nilainya Capai Puluhan Miliar

Pria Ini Menimbun Barang Selama 20 Tahun, Nilainya Capai Puluhan Miliar
Tumpukan barang yang ditampung Ramann Shukla.

Riauaktual.com - Seorang pria punya kebiasaan menimbun barang dan tak pernah membuangnya selama hampir 20 tahun.

Tumpukan barang yang dikumpulkannya punya nilai jual fantastis hingga miliaran rupiah.

Inilah kisah Ramann Shukla, pria asal Inggris, yang dijuluki sebagai Penimbun Barang Terbanyak di Britania Raya.

Ada tak kurang dari 60 ribu benda yang telah dikumpulkannya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Kebanyakan barang yang dikumpulkannya terdiri atas sampah dan sudah tidak terpakai, tetapi tak sedikit pula yang masih bernilai, bahkan apabila diuangkan bisa mencapai USD5,2 juta atau sekitar Rp76 miliar.

Ramann Shukla tinggal sendirian di rumah dengan tiga kamar kawasan Nottingham, Inggris. Awal tahun ini pria itu meninggal dunia di usia 64 tahun.

Sepeninggal Ramann, adiknya berniat membereskan rumahnya, tetapi terkejut begitu tahu di bagian dalamnya dipenuhi timbunan barang. Bahkan ada yang masih terbungkus rapi dari jasa ekspedisi.

Dikutip dari Oddity Central, Ramann diyakini berencana menjual beberapa barang berharga miliknya untuk biaya pensiun.

Malangnya, pria paruh baya tersebut meninggal mendadak akibat serangan jantung sebelum melakukan rencananya itu.

Timbunan barang yang disimpan Ramann di beberapa tempat itu sangatlah banyak sehingga memerlukan delapan orang untuk mengangkutnya.

Seperti dilaporkan The Sun, perlu enam pekan bagi mereka untuk memindahkan barang-barang Ramann ke gudang pelelangan barang-barang unik di Lincoln.

Sementara itu untuk barang yang masih terbungkus rapi, diperlukan hingga 18 orang untuk membuka paket. Jumlahnya mencapai ribuan yang dikirimkan ke rumahnya dalam empat minggu terakhir.

Barang-barang yang ditimbun Ramann bukannya tak bernilai sama sekali. Badan lelang menyebut bahwa dia memiliki koleksi yang eklektik dan sebagian sudah sulit ditemukan di mana-mana.

Di antara gundukan barang bekas itu, ada lebih dari 6.000 komik vintage, 4.000 buku langka, 12 gitar Rickenbacker dari tahun 1960-an sampai 1970-an, foto bertanda-tangan serta surat yang berkaitan dengan beberapa tokoh legendaris dunia seperti John F. Kennedy dan Winston Churchill.

Ada pula memorabilia Gandhi, Elvis Presley dan The Beatles. Para ahli menaksir nilai koleksi tersebut bisa mencapai Rp76,3 miliar.

"Koleksi ini luar biasa. Saya sudah bertemu adik pria tersebut di rumahnya dan dia juga sama terkejutnya dengan saya. Dia tidak tahu saudaranya selama ini hidup seperti itu," kata Terry Woodwock dari Unique Auctions.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index