Sempena Hari Jadi Pekanbaru, Walikota Firdaus Bersih-bersih Sungai Siak

Selasa,25 Juni 2019 - 18:01:27 WIB Di Baca : 604 Kali

RIAUAKTUAL.COM - Merayakan Hari Jadi Pekanbaru ke 235, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan Aksi Bersih Sungai Siak.

Lokasi aksi bersih diadakan dimulai dari Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru hingga Rumah Singgah Tuan Kadi. Acara ini dihadiri oleh Walikota Pekanbaru, Forkopimda Pekanbaru, Kepala Dinas/Instansil/Badan Pekanbaru, Balai Wilayah Sungai III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, tokoh ulama, tokoh masyarakat, tokoh peduli lingkungan dan dibuka oleh Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi.

Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Pekanbaru diketahui saat ini berada dalam kondisi memprihatinkan. Sungai Siak merupakan sungai yang paling dalam di Indonesia, namun DAS (Daerah Aliran Sungai) Siak saat ini termasuk DAS kritis, kawasan rawan bencana banjir dan longsor, erosi, dan pendangkalan, serta terjadi berbagai macam pencemaran.

Salah satu yang mencemari Sungai Siak adalah sampah (organik dan non organik) serta tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok. Untuk itu perlu dilakukan sebuah aksi yang melibatkan semua pihak dalam aksi bersih ini, ucap Sekda dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru memberikan perahu fiber kepada Forum Batang Siak, yang merupakan kelompok masyarakat peduli sungai serta bibit pohon kepada seluruh masyarakat dan peserta aksi bersih sungai.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan aksi bersih sungai yang dipimpin oleh Walikota Pekanbaru. Dengan perahu karet BASARNAS, Walikota Pekanbaru bersama tim membersihkan gulma yang ada di sepanjang tepian sungai Siak. Aksi ini juga dilakukan oleh Tim lainnya menggunakan perahu karet dari BPBD serta perahu masyarakat sekitar. Selain di sungai juga dilakukan aksi bersih di sempadan sungai Siak oleh ASN, petugas kebersihan, komunitas, dan berbagai stakeholder lainnya.

Aksi bersih sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih sungai Siak.

"Untuk itu, kami selaku panitia pelaksana aksi bersih ini kamu sangat mengapresiasi partisipasi aktif tamu undangan dan masyarakat yang hadir untuk mensukseskan aksi bersih sungai Siak ini," terang Elmawati, Sekretarias Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa aksi bersih sungai siak ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi sungai ini terletak strategis dan menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Pekanbaru.

"Kita berharap semoga aksi bersih yang kami lakukan ini bisa terus dilakukan oleh masyarakat sekitar, dan tentunya para ASN. Jangan sampai aksi bersih ini hanya menjadi aksi seremonial saja, tapi tidak dirasakan oleh masyarakat,” kata Firdaus.

Menurut Firdaus, kondisi saat sungai Siak saat ini sudah tercemari dengan berbagai jenis sampah, baik itu sampah organik maupun non organik. Belum lagi tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok.

"Jika keberadaan Sungai Siak bersih dan bebas dari sampah, maka masyarakat yang melihat pun akan merasa nyaman. Apalagi masyarakat yang biasa nongkrong di tepian sungai Siak," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-235 Zulhelmi Arifin mengatakan, aksi bersih-bersih Sungai Siak ini merupakan rangkaian kegiatan dari sejumlah rangkaian acara yang ada pada HUT Kota Pekanbaru tahun ini. Nanti kegiatan ini akan dipusatkan ditepian Sungai Siak yang akan diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Pekanbaru. 

Dalam kegiatan aksi bersih-bersih Sungai Siak ini akan di koordinator Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru.

Dijelaskan pria yang akrap disapa Amy ini, para peserta membersihkan sekitaran Sungai Siak, baik itu dari sampah yang dibuang ke sungai, maupun dari tumbuhan enceng gondok yang berada di sungai. Nantinya, sampah yang berhasil dikumpulkan oleh peserta itu akan kita ganti dengan bibit pohon. 

''Jadi berapa jumlah sampah yang diangkat dari sungai Siak itu akan kita tukar dengan bibit pohon. Semakin banyak sampah yang diangkat dari sungai, maka bibit pohon yang akan kita berikan juga semakin banyak, semacam apresiasilah,'' ujar Amy.

Ditambahkan Amy, bahwa ulang tahun kota Pekanbaru ini bukan ulang tahunnya para pegawai pemerintah kota saja. Namun juga untuk seluruh lapisan masyarakat kota Pekanbaru. (Advertorial/Humas Pemko)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com