Durian tanpa duri. (Twitter/BalqisSidiqia)

Viral Durian Tanpa Duri, Begini Penampakannya

Rabu,26 Juni 2019 - 07:09:46 WIB Di Baca : 1535 Kali

Riauaktual.com -  Kalau berbicara soal durian, pasti kita menyebutnya buah yang memiliki aromas khas, dengan bagian kulit luar yang berduri. Namun lain halnya dengan yang beredar media sosial beberapa waktu terakhir.

Salah satu akun Twitter bernama @BalqisSidqia ini mengunggah foto durian tanpa duri, lengkap dengan isi buah ketika dibuka.

Bagian luarnya sekilas mirip dengan kelapa namun saat dibuka buahnya benar-benar durian berwarna kuning.

Loading...

"DURIAN SABAH. DURIAN TANPA DURI," tulis @BalqisSidqia.

Varietas buah durian Si Gundul ini sering ditemukan di lereng Gunung Rinjani.

Wardi, Kepala BPSB Provinsi NTB menyebutkan bahwa buah durian ini sudah didaftarkan sebagai varietas unggul nasional pada 22 April 2008 lalu.

"Saat ini, banyak penangkar benih hortikultur yang memproduksi benih durian si Gundul namun jumlahnya masih terbatas, karena permintaan di pasar kurang banyak. Benih durian yang masih banyak diminati saat ini adalah Kani, Matahari dan Otong," jelas Wardi dikutip dari suara.com.

 

Viral Durian Tanpa Duri, Begini Penampakannya

(Dok: kementan)

Provinsi Nusa Tenggara Barat, selama ini memang dikenal sebagai sentra produksi berbagai komoditas hortikultura unggulan. Seperti manggis di Narmada dan bawang putih di Sembalun. Termasuk durian tanpa duri, yang dinamai durian Si Gundul.

Buah ini memiliki keunggulan dan keunikan lantaran tidak memiliki duri seperti durian pada umumnya. Daging durian Si Gundul berwarna kuning muda dengan rasa manis, daging buahnya tebal hampir sama dengan buah durian pada umumnya. Berat buah rata-rata berkisar antara 0,87-1,50 kg.

Durian Si Gundul memiliki daya adaptasi yang luas, dapat tumbuh di dataran rendah hingga menengah. Sehingga mulai banyak dikembangkan di NTB dan beberapa wilayah Indonesia.

Wardi menjelaskan, berdasarkan data perbanyakan benih melalui sertifikasi dari 2008–2018 telah dikembangkan sebanyak 23.409 batang dan tersebar di wilayah Nusa Tenggara Barat dan sebagian dikirim ke luar Provinsi NTB, dikutip dari mediaindonesia.com.

"Sentra utama buah ini di Nusa Tenggara Barat terdapat di Kecamatan Lingsar dan Kecamatan Narmada. Dengan segala keunikan dan kelebihannya, durian ini resmi didaftarkan menjadi Varietas Unggul Nasional pada tanggal 22 April 2008 dengan Nomor: 440/Kpts/SR.120/4/2008 dengan nama Si Gundul," jelas Wardi.



Loading...

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com