Suzuki Ertiga.

Ertiga Berlogo Toyota, Dijual di Indonesia?

Selasa,25 Juni 2019 - 11:26:00 WIB Di Baca : 2810 Kali

Riauaktual.com - Toyota dan Suzuki telah menjalin kerja sama secara globa. Suzuki Motor Corporation dan Toyota Motors Corporation (TMC) mengungkapkan kedua pabrikan itu akan mengembangkan mobil baru untuk beberapa pasar di dunia.

Suzuki akan menjual Corolla dengan logo "S", sedangkan Toyota akan menjual Ertiga, Vitara Brezza, Ciaz, dan Baleno di India dengan beberapa pembaruan. 

Baleno versi Toyota sudah meluncur di India dalam bentuk Toyota Glanza. Selanjutnya, Toyota akan me-rebadge Ertiga untuk negara itu.

Loading...

Namun, strategi Toyota yang menjual mobil Suzuki itu tidak diterapkan di Indonesia. "Kan decision dari TMC sudah jelas, kalau di India dia akan kolaborasi sama Suzuki, kalau Indonesia kolaborasi sama Daihatsu," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing Planning PT Toyota Astra Motor (TAM).

Saat ini Daihatsu sudah menjadi anak perusahaan Toyota. Per 1 Agustus 2016, Daihatsu sepenuhnya menjadi milik Toyota. Di Indonesia, Daihatsu juga memproduksi mobil Toyota seperti Avanza, Agya, Calya, dan Rush.

"Jadi kalau ditanya apakah nanti ada kolaborasi sama Suzuki di Indonesia, jawabannya nggak, karena di Indonesia sudah ada (kolaborasi bersama) Daihatsu," sebut Suryo.

Artinya, Glanza atau Baleno versi Toyota dan Ertiga berlogo Toyota yang direncanakan untuk India takkan dijual di Indonesia.

 

Sumber: Detik.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...