Terus Menjadi Perhatian, Joan Mir Kaget Gaya Balap Alex Beda dengan Marc Marquez

Terus Menjadi Perhatian, Joan Mir Kaget Gaya Balap Alex Beda dengan Marc Marquez
Alex Marquez melaju di Sirkuit Motorland Aragon (Foto: Honda Racing Corporation)

Riauaktual.com - Kiprah Alex Marquez dalam tiga seri terakhir terus menjadi perhatian. Sebab, pembalap Tim Repsol Honda itu mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pesaingnya, Joan Mir, cukup kaget. Sebab, pembalap asal Spanyol itu memiliki gaya balap yang berbeda jauh dengan sang kakak, Marc Marquez.

Apa yang dilakukan Alex Marquez sepanjang MotoGP 2020 terhitung mengagumkan sebagai pendatang baru. Kendati sempat kesulitan pada awal musim, pembalap berusia 24 tahun itu perlahan menunjukkan bakat besarnya.

Motor Honda RC213V yang terkenal sulit ditaklukkan, perlahan-lahan berhasil dikuasai. Dalam tiga seri terakhir, Alex Marquez mampu meraih dua kali podium. Prestasi serupa nyaris diulangi pada MotoGP Teruel 2020 pekan lalu, tetapi ia terjatuh pada 10 putaran tersisa.

Marc Marquez melaju di Sirkuit Jerez (Foto: Honda Racing Corporation)

Peningkatan pesat Alex Marquez itu membuahkan pujian dari Joan Mir. Pembalap Tim Suzuki Ecstar itu bahkan terkejut dengan cara koleganya menaklukkan Honda RC213V. Bila Marc Marquez menaklukkan motor seperti binatang, maka Alex justru sangat halus.

“Kita selalu melihat Honda secara berbeda, dengan gaya balap yang agresif. Para pembalap harus mengerem dengan keras dan dikendarai seperti binatang. Begitu cara Marc (Marquez) mengendarainya,” ujar Joan Mir, sebagaimana dimuat Motorsport Total, Sabtu (31/10/2020).

“Saya tidak pernah melihat itu pada Alex. Saya melihatnya berkendara seperti pembalap dengan motor empat silinder in-line. Itu sungguh impresif. Saya tidak pernah menduganya,” imbuh pembalap berpaspor Spanyol itu.

Sang pembalap mengakui ada peningkatan yang lebih baik sepanjang MotoGP 2020. Salah satunya adalah pemahaman terhadap tingkat keausan ban. Perlahan-lahan, Alex Marquez mampu memahami segala yang ada di motor dengan lebih baik.

“Kami masih mengendarai motor yang sama seperti di awal musim. Tidak ada yang berubah dibandingkan awal musim. Ini adalah tahun pertama saya dan memang tidak ada yang mudah. Saya perlahan-lahan mulai memahami banyak hal di motor,” papar Alex Marquez, mengutip dari Speedweek.

“Di awal musim, saya bermasalah dengan ban. Saya tidak terbiasa dengan ban ini. Sekarang, kami punya paket yang bagus. Saya bisa mengatasi masalah di ban depan dengan lebih baik serta mendapat perasaan yang lebih bagus dengan ban belakang,” imbuh juara dunia Moto2 2019 tersebut.

Perbaikan hasil tersebut tidak membuat Alex Marquez besar kepala. Pembalap bernomor motor 73 itu tetap mengincar gelar sebagai pendatang baru terbaik MotoGP 2020. Dengan nilai 67, Alex mengoleksi angka yang sama dengan pesaing beratnya, Brad Binder.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index