Meski Libur Bersama, 12 Pukesmas di Kabupaten Pelalawan Tetap Buka

Kamis, 29 Oktober 2020 - 20:35:21 WIB Di Baca : 544 Kali


Riauaktual.com - Dalam memberikan memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat, Pengelola Pusat Kesehatan Masyarakat (Pukesmas) yang ada di Kabupaten Pelalawan tetap buka, meski hari libur.

Salah satunya Pukesmas Berseri II Pangkalan Kerinci Barat, Kamis (29/10/2020) dari pantauan riauaktual.com hingga hari ini pelayanan Pukesmas Berseri II tetap memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang datang.

Tetunya masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan seperti Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak (3M) dan Tidak berkerumun (1T). Hal itu disampaikan, Kepala Pukesmas Berseri II Pangkalan Kerinci Barat, Dr Diding. 

“Hari libur kita tetap buka 24 jam, maupun itu libur nasional bahkan libur hari minggu. Akan tetapi pelayanan yang diberikan hanya untuk emergency UGD. Karena sesuai dengan intruksi Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan,”ucap Kapus Berseri II, Dr Diding kepada media ini.

Lanjut Diding, bagi pasien maupun tamu yang datang ke Pukesmas Berseri II di wajibkan Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan. Sedangkan Pukesmas berseri II sudah menyediakan tempat cuci tangan dan Hand Sanitizer untuk pasien dan tamu yang datang. 

“Kita juga sudah menghibau dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk melaksankan 3M 1T, agar bersama-sama memutus mata rantai virus covid 19 yang melanda seluruh Negeri di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pelalawan,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan, Asril menyebutkan bahwa 12 Pukesmas di Kecamatan tetap buka dan memberikan pelayanan, namun itu hanya melayani pasien gawat darurat, dan tidak melayani pasien rawat jalan.

“Pusekesmas buka 24 jam pada hari libur tapi khusus melayani pasien gawat darurat seperti insiden kecelakaan,” ujarnya.

Sesuai dengan standar pelayanan kesehatan, puskesmas menempatkan dua dokter jaga untuk melayani pasien gawat darurat pada hari libur.

Ditambahkannya, Dinas kesehatan melalui Pukesmas sudah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Sesuai dengan peraturan yang berlaku. (rik)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com