Lima Besar Kepala Daerah Ini Masuk Survei Tertinggi Capres 2024, Gara-Gara Covid-19

Lima Besar Kepala Daerah Ini Masuk Survei Tertinggi Capres 2024, Gara-Gara Covid-19
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil

Riauaktual.com - Survei Indikator Politik Indonesia memunculkan dominasi beberapa nama calon presiden yang berasal dari unsur kepala daerah.

Beberapa nama itu diantaranya Ganjar Pranowo (18,7 persen), Anies baswedan (14,4 persen), Ridwan Kamil (7,6 persen) dan Khofifah Indar Parawansa ( 4 persen).

Pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai, tingginya elektabilitas beberapa nama itu dipengaruhi oleh dinamika kebijakan publik dalam menangani pandemi virus corona baru (Covid-19).

Kata Umam, wajar saja jika 3 dari 5 besar nama-nama potensial capres pada 2024 mendatang didominasi oleh para kepala daerah.

“Elektabilitas Capres yang masih dipengaruhi oleh dinamika kebijakan publik terkait penanganan pandemi Covid-19. Sehingga wajar jika 3 dari 5 besar nama di survei ini diisi oleh para kepala daerah, yakni Ganjar, Anies dan Ridwan Kamil,” demikian analisa Umam, Selasa (27/10) sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

Terkait Prabowo Subianto (16,8 persen) dan Sandiaga Uno (8.8 persen), dalam analisa Umam, posisi 5 besar itu lebih dikarenakan efek dari pemilihan presiden pada 2019 lalu.

“Adapun keberadaan Prabowo dan Sandiaga Uno di posisi 5 besar berpotensi besar dipengaruhi oleh faktor “post-election bias”, atau kecenderungan pola perilaku pemilih yang dipengaruhi oleh peta politik di Pilpres sebelumnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index