Tak Disangka, Nenek Maia Estianty Adalah Istri Pertama Bung Karno

Jumat,14 Juni 2019 - 14:57:46 WIB Di Baca : 1767 Kali

Riauaktual.com - Siapa yang tak mengenal Ir. Soekarno, semua orang di negeri ini tentu mengenal sosok Presiden pertama Indonesia. Beliau dikenal sebagai bapak proklamator Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Presiden Soekarno bersama Bung Hatta memimpin negeri ini setelah berhasil memerdekakan diri dari para penjajah. 

Nama keduanya pun hingga saat ini banyak dipakai untuk nama jalan. Selain itu, Presiden Soekarno yang memiliki tubuh tegap dan gagah ini dikenal memiliki banyak istri, tak tanggung-tanggung jumlahnya pun mencapai 9 orang. Sebut saja Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Ratna Sari Dewi, Haryati, Yurike Siregar, Kartini Manoppo, hingga Heldy Djafar.

Sosok istri pertama Presiden Soekarno

Dari kesembilan istri Bung Karno itu, ada satu sosok wanita yang mungkin cukup asing di kalangan masyarakat Indonesia. Wanita itu adalah istri pertama Bung Karno, Otarie yang memiliki nama lengkap Siti Oetari Tjokroaminoto. 

Oetari adalah putri sulung dari Pahlawan Nasional Indonesia yakni Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Oetari dinikahi oleh Bung Karno pada tahun 1921 di Surabaya. Pada waktu itu usianya masih terbilang sangat muda yakni belum genap 20 tahun.

Loading...

Nenek dari Maia Estianty

Dan ternyata Oetari adalah nenek dari artis cantik Maia Estianty. Beberapa waktu yang lalu melalui akun Instagramnya, Maia mengunggah foto Oetarie. Dalam captionnya, Maia mengatakan bahwa sang nenek adalah istri pertama dari Presiden Soekarno. 

"My grandmother, Oetari Tjokroaminoto, was the first wife of the first president of Republic Indonesia, Soekarno.... Nenek saya ini, Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama Presiden RI yg pertama, Soekarno. #maiaestianty #diarymaia #soekarno #istrisoekarno," tulisnya.

Oetari sosok istri yang tak pernah 'disentuh' Bung Karno

Sebuah buku yang ditulis oleh Reni Nuryanti yang berjudul Istri-istri Soekarno dan buku otobiografi Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia pernah menceritakan tentang sosok Oetari. 

Dan ternyata sebuah media pernah menulis jika Oetari ini adalah sosok istri yang tak pernah disentuh oleh Bung Karno dengan judul 'Siti Oetari, Istri Pertama yang Tidak Pernah "Disentuh" Soekarno'. 

Ketika ia dinikahi oleh Bung Karno, Oetari masih berusia 16 tahun. Oetari pertama kali bertemu Bung Karno saat sang Proklamator itu menumpang di rumah orangtuanya. Pada waktu itu Bung Karno tengah menempuh pendidikan di sebuah sekolah lanjutan atas. 

Beberapa waktu setelah menikah, Bung Karno pun meninggalkan Surabaya dan pindah ke Bandung. Bung Karno melanjutkan pendidikannya di THS atau sekarang ITB. Dan kemudian Bung Karno pun menceraikan Oetari secara baik-baik.

Postingan Maia Estianty dikomentari netizen

Melihat postingan itu, netizen pun langsung membanjirinya dengan komentar. 

"Pantesan bunda maia baik , pinter , menjaga etika dan sopan santun , ternyata berasal dari gen orang baik , emuach buat bunda maia"

"Bapak pendidikan RI Tjokro aminoto GBU bunda"

"Ponakan tirie megawati brati ya maia @radinka_hayu @honey_koesherawati"

"@maiaestiantyreal Cicit Pahlawan Nasional /ketua" "Berati mbk maia keluarga bung karno jg donk,"


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...