ilustrasi kesehatan rambut. ©www.acutezmedia.com

Penyebab Terjadinya Masalah Kulit Kepala pada Seseorang

Kamis,13 Juni 2019 - 08:27:55 WIB Di Baca : 275 Kali

Riauaktual.com - Kondisi kulit kepala yang kering dan sensitif bisa jadi pemicu berbagai penyakit lain terutama jika tidak tepat diatasi. Lebih lanjut, hal ini bisa menimbulkan radang pada kepala.

Permasalahan di kulit kepala ini terutama terjadi jika kepala jadi kemerahan karena sering digaruk serta munculnya ketombe dan kerontokan. Radang di kulit kepala akibat digaruk ini menimbulkan luka yang mudah dimasuki bakteri.

Kulit kepala yang sehat dapat dikenal dengan kondisi kulit kepala yang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Jika terjadi kondisi di luar itu, maka bisa dikategorikan sebagai kulit kepala sensitif. Misal, kulit kepala yang bersisik halus sampai lembaran sisik, mudah gatal dan kemerahan," jelas dokter spesialis kulit dan kelamin Stanley Setiawan.

Loading...

Penyebab kulit kepala kering bisa saja bermula karena pemilihan shampo untuk kulit sensitif yang salah maupun kurang higienisnya alat yang dipakai ketika melakukan cukur rambut.

Menurut Stanley Setiawan, tidak semua orang memiliki kulit kepala kering dan sensitif. Namun, ada beberapa individu yang memiliki kondisi khusus, seperti dermatitis atau eczema.

Kondisi tersebut berupa kulit kepala seseorang cenderung cepat bereaksi terhadap pengaruh apapun, baik secara internal dan eksternal. Faktor-faktor internal yang dapat memengaruhi kulit kepala kering dan sensitif contohnya kelelahan, kurang tidur, kondisi badan yang turun.

"Kalau faktor-faktor eksternal bisa terkait perubahan cuaca dan asupan gizi seseorang," tandas Stanley.


Sumber: Liputan6.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...