Ilustrasi rambut uban. (Foto: Huy Phan/Unsplash)

Sains dan Alquran Jelaskan Uban Tumbuh karena Emosi dan Rasa Takut

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 10:12:51 WIB Di Baca : 734 Kali


Riauaktual.com - Rambut uban menjadi salah satu ciri menuanya usia manusia. Namun hal tersebut bisa jadi karena faktor lain, seperti penyakit atau munculnya emosi, sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains Dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, diterangkan bahwa faktor tumbuhnya uban menurut Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam karena adanya emosi yang memuncak tinggi.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

Fa kaifa tattaq?na ing kafartum yaumay yaj'alul-wildana syiba

Artinya: "Maka bagaimanakah kamu akan dapat memelihara dirimu jika kamu tetap kafir kepada hari yang menjadikan anak-anak beruban." (QS Al Muzzammil: 17)

Allahullazi khalaqakum min da'fin summa ja'ala mim ba'di da'fing quwwatan summa ja'ala mim ba'di quwwatin da'faw wa syaibah, yakhluqu ma yasya', wa huwal-'alimul-qadir

Artinya: "Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa." (QS A-Rum: 54)

Ayat tersebut menegaskan bahwa uban di kepala disebabkan emosi jiwa dan rasa takut. Dijelaskan juga dalam tafsir Al Qurthubi disebutkan, "Bab An-Nadzir atau tentang uban; tanda-tanda dekatnya ajal dan usia tua seperti melemahnya pandangan, membungkuknya punggung dan berubannya rambut."

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memyampaikan bahwa beberapa Surah Alquran yang disebut itu, di antaranya Surah Hud, telah membuat rambut Beliau beruban. lni akibat terlalu tinggi emosi Beliau dan begitu besar rasa takut Beliau manakala membaca surah-surah tersebut.

Berbagai riset ilmiah modern membuktikan rambut yang ada di kepala jumlahnya ditaksir sekira 200 ribu helai. Setiap rambut memiliki satu pembuluh darah dan satu saraf, otot, kelenjar, dan umbi.

Masing-masing rambut juga hidup sekira tiga tahun. Dengan demikian, rambut akan terus memperbarui diri secara total satu kali dalam 2.000 hari.

Sebagian besar ahli meyakini bahwa uban adalah penyakit kulit yang bersumber dari saraf emosi, menyebabkan kurangnya suplai darah yang mengandung gizi ke rambut. Padahal jauh sebelum mereka (para ahli), Alquran telah menyebutkan hakikat ini sejak 1.400 tahun silam.

Wallahu a'lam bishawab.

 

 

Sumber: okezone.com





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com