Ketua Departemen Epidemiologi UI Tri Yunis. (source YouTube BNBP Indonesia)

Masyarakat Dihimbau Hindari Liburan ke Zona Merah

Rabu, 21 Oktober 2020 - 19:07:32 WIB Di Baca : 466 Kali


Riauaktual.com - Ketua Departemen Epidemiologi UI Tri Yunis mengingatkan masyarakat untuk mengetahui tujuan liburan saat libur panjang nanti.

Dikatakan, masyarakat bisa bepergian untuk liburan namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, agar aman, masyarakat juga diminta mengetahui situasi di wilayah yang menjadi tujuan untuk berlibur.

“Kita harus tahu kita liburan kemana. Jadi kalau kita liburan ke kabupaten atau kota yang zona hijau itu aman, tidak ada kasus Covid-19-nya,” katanya dalam talkshow “Iman Kuat Libur Panjang Aman” yang dikutip di channel YouTube BNBP Indonesia.

Lebih lanjut, Tri menghimbau masyarakat untuk tidak berlibur ke zona merah. Sebab menurutnya risikonya tinggi. Begitupun dengan zona orange.

Namun jika terpaksa memasuki zona tersebut, yang harus dilakukan tidak lain adalah menerapkan protokol kesehatan.

“Kita mau pergi ke zona merah, sebaiknya dihindari karena biar mau apapun kita kesana ke zona merah itu kita punya risiko tinggi untuk tertular covid-19. Mau itu jalan-jalan ke mall, mau jalan-jalan kemana pun berisiko,” paparnya sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

“Kalau ke zona jingga atau orange, tetap berisiko. Sebaiknya pilih ke zona yang kuning. Kalau terpaksa sekali, sebaiknya kita menggunakan protokol kesehatan yang ketat, begitu. Kalau ke zona orange kita harusnya pakai masker, jaga jarak, kemudian cuci tangan pakai sabun, kalau perlu ditambah pakai face,” tandasnya.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com