Wonderkid Barcelona, Anssumane Fati atau Ansu Fati.

5 Negara Eropa Ini Lolos ke Piala Dunia U-20, Ansu Fati Batal Tampil di Indonesia

Rabu, 21 Oktober 2020 - 18:58:51 WIB Di Baca : 742 Kali


Riauaktual.com - Harapan penggemar Barcelona di Indonesia melihat langsung aksi wonderkid Spanyol, Ansu Fati pupus sudah. Pasalnya, Tim Matador tidak masuk lima negara Eropa yang lolos ke Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia tahun depan.

Federasi Sepakbola Eropa baru saja memutuskan lima negara yang lolos otomatis ke PD U-20 Indonesia.

Kelima negara itu adalah Inggris, Prancis, Italia, Belanda dan Portugal.

Penentuan kelima negara itu berdasarkan peringkat koefisien babak kualifikasi UEFA tertinggi untuk musim 2019/20.

UEFA terpaksa menggunakan peringkat koefisien setelah mereka memutuskan membatalkan gelaran Euro U-19 2020. Turnamen yang harusnya jadi jalur bagi negara-negara Eropa meraih tiket tampil di PD U-20 tahun depan.

Pembatalan Euro U-19 yang sedianya bakal digelar di Irlandia Utara itu karena pandemi Covid-19 belum juga berakhir, termasuk di Eropa.

Dari daftar di atas, Spanyol, negara Ansu Fati, tidak masuk lima besar sehingga dipastikan bintang muda Barcelona itu tidak bisa unjuk gigi di Piala Dunia Junior di Indonesia.

Dikutip dari Pojoksatu.id, meski Ansu Fati yang akan berusia 18 tahun pada 31 Oktober mendatang sudah naik ke Tim Senior Spanyol, namun ia bisa saja dipanggil masuk Timnas Spanyol U-20 karena usianya masih memenuhi syarat.

Adapun Piala Dunia U-20 akan digelar di Indonesia tahun depan. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah setelah mengalahkan Peru yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah event dua tahunan ini.

PSSI juga sudah menetapkan enam stadion sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2021, dari awalanya sepuluh stadion dicalonkan sebagai venue.

Stadion yang terpilih antara lain Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta Pusat, Stadion Manahan di Surakarta, Stadion Gelora Sriwiajaya di Palembang, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Saat ini, timnas U-19 sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia dan telah melakoni beberapa laga uji coba dengan tim yang punya level atas. Uji coba di Kroasia akan berakhir pada pengujung Oktober ini.

Selain itu, skuad asuhan Shin-Tae Yong juga bakal melanjutkan persiapan mereka di Prancis, dengan mengikuti Turnamen Toulon, pada Desember mendatang.

Ini bukan kali pertama Indonesia ikut serta pada Turnamen Toulon. Pada 2017, ketika ditukangi Indra Sjafri sebagai pelatih, timnas U-19 juga pernah mengikuti event tersebut dan bertemu lawan seperti Brazil, Republik Ceko hingga Kroasia.

Indra yang kini menjabat direktur teknik PSSI juga memastikan bahwa benar adanya rencana membawa timnas U-19 mengikuti Turnamen Toulon tahun ini. Meski, belum ada informasi lebih jauh negara apa saja yang ikut serta.

Pada tahun lalu, Turnamen Toulon dimenangkan oleh Brasil yang juga menjuarai gelar kesembilan mereka pada event tersebut. Prancis yang merupakan tuan rumah menjadi tim paling sukses, dengan 12 gelar dari turnamen tersebut.

Harapannya, timnas U-19 bisa bertemu tim-tim kuat dari belahan dunia lain pada Turnamen Toulon. Prancis, Brasil hingga Inggris merupakan negara yang rutin mengirim tim junior mereka untuk bertarung di Turnamen Toulon.





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com