Gunung Berfungsi sebagai Pasak Bumi Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Gunung Berfungsi sebagai Pasak Bumi Dijelaskan dalam Alquran dan Sains
Ilustrasi Gunung Arjuno Welirang. (Foto: UPT Taman Hutan Raya)

Riauaktual.com - Para ahli mengungkapkan bahwa Bumi memiliki memiliki permukaan yang sangat tebal. Ketebalannya mencapai sekira 3.750 mil dari inti hingga permukaan Bumi. Sementara bagian kerak Bumi hanya memiliki ketebalan sekira 1 sampai 30 mil.

Hal ini ternyata sudah lama diungkapkan dalam kitab suci Alquran. Buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan menjelaskan bahwa kerak Bumi merupakan bagian lapisan terluar yang menyerupai kulit yang padat. Sedangkan bagian dalamnya berupa cairan panas.

Melalui struktur ini, kerak Bumi memiliki kemungkinan besar untuk bergerak sehingga dapat menimbulkan getaran atau guncangan. Secara ilmiah, guna mengurangi atau menghambat adanya pergerakan tersebut, maka terjadilah fenomena pelipatan kerak Bumi.

Ilmu pengetahuan modern kemudian menemukan bahwa jalur pegunungan yang terbentuk dari fenomena lipatan tersebut berperan penting untuk menjaga stabilitas kerak Bumi dari guncangan.

Gunung Kerinci. (Foto: Abimayu/Okezone)

Penjelasan ini sesuai dengan gambaran yang disampaikan Dr Frank Press, ahli geologi yang pernah menjadi Presiden Akademi Sains di Amerika Serikat. Ia sebagai salah satu penulis buku 'Earth', menggambarkan dalam tulisannya bahwa gunung berbentuk seperti pasak.

Permukaan gunung yang dilihat manusia dan menjulang ke permukaan tanah hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung. Bagian gunung yang lain yaitu akarnya tertanam di dalam Bumi.

Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Alquran sekira 14 abad lalu. Dalam beberapa ayat dijelaskan bahwa gunung diciptakan agar Bumi tidak guncang.

"Dan telah Kami jadikan di Bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya Bumi itu (tidak) guncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di Bumi itu jalan-jalan yang luas agar mereka mendapat petunjuk," isi Surah Al Anbiya Ayat 31.

Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman dalam ayat lainnya. "Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak?" (QS An-Naba: 6–7)

"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk." (QS An-Nahl: 15)

Wallahu a'lam bishawab.

 

 

Sumber: okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index