Beberapa waktu lalu ratusan pedagang masih bertahan di terminal BRPS

Pedagang Mulai Tinggalkan Terminal BRPS Pekanbaru

Jumat,24 Mei 2019 - 16:57:22 WIB Di Baca : 537 Kali

Riauaktual.com - Pedagang pasar induk yang ditampung di terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru mulai meninggalkan tempat. Mereka sebagian sudah membuka lapak di area yang disediakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

Awalnya, mereka menolak lokasi lapak di akses jalan masuk ke terminal itu lantaran dinilai tidak layak. Namun, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru terus melakukan pendekatan.

"Kita sudah lakukan pendekatan secara perlahan. Akhirnya para pedagang pun pindah ke lokasi," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis kemarin.

Loading...

Ia menyebut, proses relokasi pedagang ini didampingi petugas dari Satpol PP Kota Pekanbaru. Mereka juga didampingi oleh Satgas dari Disperindag Kota Pekanbaru.

"Jadi kami imbau para pedagang segera mengosongkan areal terminal. Mereka harus segera meninggalkan terminal," jelasnya.

Awalnya para pedagang yang berada di areal Terminal Tipe C Payung Sekaki menolak untuk keluar. Mereka enggan pindah ke lokasi baru pasca rencana pengosongan terminal itu.

Apalagi para pedagang yang berjualan di sana sejak tahun 2016. "Kami tegaskan para pedagang harus pindah ke lokasi yang sudah ditetapkan. Kita tidak mengizinkan di tempat lain," tegasnya.

Para pedagang tidak diperkenankan membuka lokasi baru untuk bongkar muat komoditi. Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memberi izin di lokasi lainnya.

"Kami tidak pernah beri izin untuk buat lokasi baru di tempat lain. Jadi pedagang yang biasa di terminal kami imbau pindah ke tempat yang sudah direkomendasikan," jelasnya.

Lokasi yang merupakan lahan milik pemerintah daerah itu bisa jadi tempat aktivitas para pedagang. Intinya para pedagang bisa beraktivitas di sana untuk sementara.

Ada 217 yang kini berada di areal terminal. Ia mengimbau seluruh pedagang bisa segera pindah ke lokasi baru. Terminal ini rencananya bakal difungsikan oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sebagai pool bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). 

"Kami mengajak seluruh pedaganng bisa secepatnya pindah. Kalau bisa minggu ini," terangnya. 

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru butuh lokasi sebagai pool bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Mereka mengimbau agar pedagang segera mengosongkan areal Terminal Tipe C Payung Sekaki secepatnya.

"Kami butuh tempat pool bus TMP secepatnya," jelas Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso.

Proses pengosongan terminal dibantu oleh tim yustisi. Upaya pengosongan sudah disepakati sejak tahun 2018 lalu. (das)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...