2 Virus Ini Diprediksi Bakal Merebak Seperti Virus COVID-19

Senin, 05 Oktober 2020 - 21:02:31 WIB Di Baca : 616 Kali


Riauaktual.com - Diberbagai negara pemberlakuan lockdown akibat adanya pandemi virus Corona atau COVID-19 masih tetap diberlakukan sampai sekarang.

Namun belum juga reda tentang covid-19 di dunia, baru-baru ini ada laporan merebaknya virus baru yang memiliki potensi mematikan seperti virus covid-19.

Virus ini ditularkan dari hewan ke manusia dan bila tidak ada penanganan virus ini bisa merebak secara massal bagaikan covid-19 yang saat ini tengah menyebar ke seluruh dunia!

1.Venezuelan Equine Encephalitis virus (VEEV)

Virus yang ditemukan sejak tahun 1975 di Venezuela kini sudah berevolusi menjadi virus yang semakin kuat dengan berkembang menjadi 6 varian. Virus ini ditularkan lewat perantara nyamuk.

Pada saat pertama kali virus ini ditemukan ia baru menyerang kuda, zebra dan keledai. Namun seiring dengan berjalannya waktu di tahun 2020 ada kasus kematian manusia yang disebabkan infeksi virus ini.

Virus ini menyerang pembuluh darah dan sistem syaraf tubuh sentral sehingga dampak yang dihasilkan jauh lebih buruk dari demam berdarah.

2. Mayaro Virus (MAYV)

Selanjutnya yaitu virus yang memiliki gejala yang seperti demam ini juga kerapkali salah diartikan sebagai demam berdarah.

Yang membedakan virus ini dengan VEEV yaitu virus ini menyebabkan demam disertai radang sendi dan nyeri otot yang sakitnya luar biasa serta berlangsung lama. Virus ini memiliki potensi kematian jika tidak diatasi dengan segera.

Penyebaran virus ini berasal dari monyet yang ditransmisikan ke manusia lewat perantara nyamuk.

Pada saat ini dilaporkan 1% populasi dunia telah terjangkit virus ini namun penelitian baru-baru ini menyatakan jumlah orang-orang yang terjangkit virus ini sebenarnya jauh lebih tinggi dari 1%.

Tapi karena memang perhatian dunia tengah beralih pada virus Covid-19 maka virus ini seolah dilupakan. Padahal sebenarnya sama-sama mematikan bagi manusia!

 

 

Sumber: Pojoksatu.id





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com