Di Siak Hulu BPOM Temukan Mie dan Kerupuk Terdeteksi Boraks 

Selasa,21 Mei 2019 - 16:51:23 WIB Di Baca : 556 Kali

Riauaktual.com - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru, kembali menemukan menu takjil mengandung Boraks, Senin (20/5/2019) kemarin. 

Takjil yang ditemukan terdeteksi Boraks jenis mie kuning dan kerupuk nasi, yang ditemukan dijual di Pasar Takjil Syariah Ulul Albab, Siak Hulu, Kampar. 

Dua hasil itu didapatkan setelah petugas BPOM melakukan uji sampel sebanyak 37 takjil.  

Loading...

Hasil ini didapatkan kata Sonya PFM Ahli Muda dari Bidang Informasi dan Komunikasi BPOM Pekanbaru, dengan menggunakan rapid test. 

''Mie kuning dan kerupuk nasi itu terdeteksi Boraks, setelah dilakukan uji langsung di mobil Laboratorium Keliling,'' kata Sonya, Selasa (21/5). 

Setiap kali operasi, BPOM melakukan pemeriksaan terhadap makanan dan minuman yang mengandung 4 bahan berbahaya, antara lain Formalin, Boraks, Rhodamin B, Metanil Yellow. 

''Atas temuan ini, untuk pedagang yang kedapatan menjual mie kuning dan kerupuk nasi mengandung Boraks kita berikan peringatan dan himbauan agar tidak menjual hal serupa. Apabila kembali menjual, barulah kita proses secara pidana,'' sebut Sonya. 

Petugas yang melakukan operasi uji takjil, tambah Sonya juga memberikan sosialisasi himbauan kepada masyarakat agar memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari. 

''Kita sampaikan sosialisasi KIE melalui pemasangan spanduk, penyebaran Leaflet dan KIE langsung oleh petugas BBPOM,'' pungkasnya.

Menurut Sonya, masyarakat dapat melakukan langkah Ingat Pangan Aman, Ingat Cek KLIK, Cek Kemasan dan Cek Label serta Cek Izin Edar. Kemudian Cek Kedaluwarsa, No FORMALIN, No BORAKS, lalu No Rhodamin B serta No Metanyl Yellow. 

''Jika ingin lebih jelas silahkan hubungi HaloBPOM 1500533,'' tutup Sonya. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...