ils/ int

Makan Kurma Tiga Buah Sehari dalam Sepekan, Ajaib Manfaatnya

Selasa,21 Mei 2019 - 05:36:59 WIB Di Baca : 536 Kali

Riauaktual.com - Kurma menjadi salah satu penganan yang identik dengan bulan suci Ramadan. Buah manis dengan tekstur dagingnya yang empuk ini biasa dikonsumsi saat buka puasa.

Kurma sendiri diyakini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Bahkan jika Anda rutin memakan kurma sebanyak tiga buah kurma setiap hari selama seminggu akan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Anda. Dikutip dari Food Prevent, berikut ini beberapa manfaat kurma tersebut:

1. Kurangi risiko kanker usus besar

Loading...

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departmen Ilmu Pangan dan Gizi di Inggris menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kurma bisa meningkatkan kesehatan usu besar. Itu karena kurma meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

2. Meningkatkan energi

 

Kurma mengandung gula alami, glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bisa memberikan sumber energi yang cepat saat Anda membutuhkannya. Dan tidak seperti minuman atau suplemen energi, kurma mengandung komponen sehat lainnya, seperti serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan yang membuat Anda tidak mudah lelah.

3. Sehatkan pencernaan

Hanya dengan satu cangkir sajian atau kurma, Anda akan mendapatkan 12 gram serat. Itu 48 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Jumlah dan jenis serat yang tepat akan bermanfaat bagi kesehatan percernaan Anda, seperti mencegah sembelit dan memudahkan buang air besar secara teratur. Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi tujuh kurma per hari selama 21 hari menunjukkan peningkatan frekuensi buang air besar dibanding ketika mereka tidak mengonsumsinya.

4. Bikin pintar

Kurma mengandung vitamin B6 yang terbukti meningkatkan kinerja otak dengan membantu tubuh memproduksi serotonin dan norepinefrin. Serotonin mengatur suasana hati dan norepinefrin membantu tubuh mengatasi stres.

Sementara menurut penelitian, kurang vitamin B6 dikaitkan dengan depresi. Jadi ketika otak bersih dari stres dan suasana hati baik, maka otak menjadi lebih tajam serta siap belajar dan menyimpan informasi.

5. Obat wasir

Wasir disebabkan karena sembelit. Kondisi ini kadang sangat menyakitkan, namun perubahan pola makan bisa mengurangi efeknya. Banyak dokter merekomendasikan penderita sembelit untuk diet tinggi serat dan kurma merupakan makanan kaya serat yang bisa meredakan wasir.  

6. Tingkatkan sistem kardiovaskular

Kalium yang terkandung dalam kurma bisa menurunkan kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan di arteri hingga bisa memicu stroke dan serangan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah dan kematian iskemik. Bahkan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda lebih sehat dan bahagia. 

 

Sumber: viva.co.id


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...