Sidang Bawaslu (Eva/detikcom)

Bawaslu Putuskan KPU Langgar Tata Cara Pendaftaran Lembaga Survei

Kamis,16 Mei 2019 - 14:39:41 WIB Di Baca : 193 Kali

Riauaktual.com - Badan Pengawas Pemilu menggelar sidang putusan gugatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait quick count. Dalam putusannya, Bawaslu menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbukti secara sah melanggar tata cara dan prosedur pendaftaran dan pelaporan lembaga survei.

"Memerintahkan kepada KPU untuk mengumumkan lembaga penghitungan cepat yang tidak memasukkan laporan ke KPU," kata Ketua Majelis Bawaslu, Abhan, dalam sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran administratif pemilu Nomor 08/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019, di Gedung Bawaslu, Kamis 16 Mei 2019.

Anggota Majelis, Rahmat Bagja menjelaskan beberapa pertimbangan terkait putusan Bawaslu tersebut. Pertimbangan pertama terkait pengumuman pendaftaran lembaga survei. 

Loading...

Bawaslu mengambil kesimpulan sebagai berikut. Satu, bahwa KPU tidak melakukan pengumuman secara resmi terkait pendaftaran pelaksanaan kegiatan penghitungan cepat pemilu anggota DPR, DPD, DPRD, serta presiden dan wakil presiden tahun 2019. 

Kedua, KPU tidak menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada lembaga yang telah melakukan penghitungan cepat hasil pemilu untuk memasukkan laporan sumber dana. Dan metodologi paling lambat 15 hari setelah pengumuman hasil survei, jajak pendapat dan atau penghitungan cepat hasil pemilu.  

"Tiga, bahwa tindakan KPU yang tidak menyurati secara resmi lembaga penghitungan cepat hasil pemilu untuk memasukkan laporan sumber dana, metodologi yang digunakan paling lambat 15 hari setelah penghitungan cepat hasil pemilu merupakan tindakan yang bertentangan dengan ketentuan pasal 4 ayat 4 tahun 2017 tentang pemilu, pasal 29 ayat 1 dan pasal 30 ayat 1 UU No. 10 Tahun 2019 tentang sosialisasi pemilih dan partisipasi masyarakat," tuturnya.

 

Sumber: viva.co.id


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...