foto : internet

Asita Minta Penurunan Tiket 45 Persen

Rabu,15 Mei 2019 - 17:42:52 WIB Di Baca : 156 Kali

Riauaktual.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menurunkan tarif batas atas (TBA) pesawat udara sebesar 12 sampai 16. Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah menanggapi penurunan tarif masih kurang puas.

Dede Firmansyah menilai kebijakan penurunan harga TBA tersebut masih terlalu kecil dan seharusnya masih bisa lebih dari angka 12-16 persen. 

"Kalau TBA turun 12 sampai 16 persen, tiket pesawat itu masih mahal. Harusnya bisa 35 sampai 45 persen baru realistis," ujar Dede  Rabu (15/5).

Loading...

Dede menilai penurunan Tarif Batas Atas (TBA) tidak realistis, sebab kenaikan harga tiket sudah dikeluhkan sejak akhir tahun 2018 lalu. "Karena dari Desember 2018 hingga Januari 2019 kenaikan lebih 50 sampai 60 persen. Jadi realistisnya penurunan TBA 35 sampai 45 persen," ucapnya. 

Disampaikan Dede lagi, dirinya memprediksi meski ada penurunan TBA di angka 16 persen, tingkat arus penumpang di peak season mudik nanti akan terjadi penurunan. 

"Kalau dibandingkan dengan mudik tahun lalu, mudik tahun ini pasti akan sangat menurun," terangnya. 

Sebagaimana diketahui Pemerintah telah menetapkan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat turun dengan kisaran antara 12 persen sampai 16 persen. Keputusan tersebut resmi diberlakukan Rabu 15 Mei 2019. 

Keputusan untuk merevisi TBA diambil dalam rapat di Kemenko perekonomian pada pada Senin pekan lalu. 

Kebijakan itu diyakini dapat memangkas tarif tiket pesawat meski bulan puasa dan lebaran identik dengan peak season yang berujung pada kenaikan harga.

Sebab jika TBA diturunkan, maka harga tiket pesawat maskapai yang mengacu pada batas itu juga dapat ikut turun dengan sendirinya, baik itu full service maupun low cost carrier (LCC). (Nat)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...