ils/ int

Lakukan ini untuk Mencegah Bau Mulut Selama Puasa!

Rabu,15 Mei 2019 - 13:02:20 WIB Di Baca : 218 Kali

Riauaktual.com - Mengalahkan lapar dan haus bukan satu-satunya hambatan selama bulan puasa.

Salah satu keluhan umum yang dihadapi orang-orang berpuasa adalah bau mulut. Dalam istilah medis, ini dikenal sebagai halitosis, yaitu bau tidak enak yang dihembuskan melalui mulut.

Selama berpuasa, produksi air liur akan berkurang dan mulut menjadi kering. Jika mulut kering, sel-sel mati dan bakteri dapat menumpuk di lidah, gusi dan bagian dalam pipi kita. Sel-sel ini kemudian mulai membusuk dan mengeluarkan bau yang tidak enak.

Loading...

Meskipun tidak berbahaya, bau mulut dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri dalam hubungan sosial. Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan bau mulut saat berpuasa?

Menjaga kebersihan mulut
Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bau mulut, baik selama Rama?an maupun pada hari-hari biasa adalah menjaga kebersihan mulut.

Untuk ini, Anda sebaiknya menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride, dua kali sehari. Menyikat gigi juga harus berlangsung selama dua menit, dan pastikan Anda menyikat semua permukaan gigi termasuk margin gusi.

Selain menyikat gigi, penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan benang gigi, sikat gigi interdental, pembersih lidah, dan obat kumur anti-bakteri dapat menghilangkan sisa makanan di mulut sehingga mengurangi bau mulut.

Selama puasa, Anda dapat menyikat gigi dengan pasta gigi dan menggunakan obat kumur, namun jangan sampai tertelan.

Minum banyak air
Minumlah banyak air di luar jam puasa. Untuk menyiasatinya, sebaiknya Anda minum sedikit, tetapi sering-sering.

Berkumur
Anda bisa membilas mulut dengan air (selama tidak ada air yang ditelan dengan sengaja). Namun, sebagian besar Muslim akan melakukan tindakan ini setiap kali wudhu.

 

Sumber: rakyatku


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...