Wali Kota Pekanbaru

Wali Kota Pekanbaru Layangkan Surat Larang Tayangkan Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Di Bioskop 

Rabu,08 Mei 2019 - 17:10:50 WIB Di Baca : 265 Kali

Riauaktual.com - Tak sesuai dengan budaya melayu, Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus MT terbitkan surat edaran kepada pelaku usaha bioskop di Kota Pekanbaru agar tidak menayangkan film garapan Garin Nugroho yang berjudul Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body. 

Film yang sudah dirilis pada 18 April 2019 lalu ini memang tengah menjadi topik hangat dan mengundang kontroversi di Indonesia karena menampilkan aktivitas LGBT secara vulgar. Bahkan hampir diseluruh wilayah yang ada di Indonesia termasuk Pekanbaru menolak penanyangannya. 

Film ini menceritakan tentang perjalanan penari Lengger Lanang bernama Juno yang diperankan Muhammad Khan di sebuah desa kecil di Jawa. Ada serangkaian perjalanan hingga Juno memilih jadi penari pria yang berdandan layaknya wanita. 

Loading...

Firdaus menilai film ini tidak dapat diterima oleh masyarakat di Kota Pekanbaru yang masih kental budaya islam dan melayunya. 

"Saya sudah terbitkan amaran kepada pusat hiburan bioskop untuk tidak memutar film tersebut di Pekanbaru," tegas Firdaus, Rabu (8/5).

Lebih jauh dikatakan Firdaus, penayangan film tersebut dapat memicu keresahan ditengah masyarakat. Dimana, dari film ini bisa mempengaruhi cara pandang atau perilaku masyarakat terhadap kelompok LGBT dan dianggap bertentangan dengan nilai agama dan budaya melayu. 

Firdaus sendiri mengaku memang belum menonton secara keseluruhan film ini. Film ini tidak mendidik. Walau ada yang mendidik, ia menilai film ini lebih banyak mudharat daripada manfaat.

"Ada mungkin memang konten yang mendidik. Tapi masyarakat lebih melihat konten LGBT yang negatif dalam film ini," tegasnya. 

Walau ada serangkaian penolakan di sejumlah daerah, film ini ternyata sudah memenangkan sejumlah penghargaan.

Ada Asia Pacific Screen Award, film terbaik Festival Des 3 Continents Nantes 2018 dan masuk dalam seleksi Festival Film International di Vanesia


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...