Tengku Azwendi (berbaju putih)

Azwendi: Caleg dan Panitia Pemungutan Suara yang Curang Bisa Dipidana

Kamis,25 April 2019 - 09:56:02 WIB Di Baca : 565 Kali

Riauaktual.com - Sekretaris DPC Demokrat Pekanbaru Tengku Azwendi mengingatkan agar Panitia Pemungutan Suara di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) senantiasa bekerja secara profesional, sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.

“Panitia Pemungutan Suara (PPS) wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah kerjanya dengan cara menempelkan salinan tersebut di tempat umum,” Kata Azwendi, Kamis (25/4/2019).

Legislator Dapil IV Bukit Raya dan Marpoyan Damai membeberkan salah satu modus kecurangan yang kerap terjadi, yakni antar caleg internal partai itu sendiri, pencurian melalui persengkokolan pengurangan pencatatan di C1 sebelum dikirim ke kecamatan atau PPK.

Loading...

“Ini biasa disebut kecurangan melalui pencurian suara sesama caleg satu partai. Praktik ini bisa biasanya dilakukan dengan melakukan persengkokolan dengan oknum petugas PPS di TPS-TPS yang sudah dikondisikan,” ujarnya.

Modus kedua, melakukan penggelembungan suara atas nama caleg agar memperoleh suara tertinggi di Partainya dengan menggeser suara partai ke perolehan atas nama caleg. Praktik kecurangan ini kerap luput dari pengamatan caleg satu partai lainnya yang sebenarnya sangat dirugikan.

“Modus ini pun tidak mungkin bisa dilakukan tanpa kerjasama atau terjadinya persengkokolan dengan petugas PPS dan saksi partai yang telah dikondisikan oleh oknum calek tersebut,” tambah Azwendi.

Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru ini juga berharap, tingginya partisipasi politik warga dalam memberikan hak suaranya, harus dijaga kesuciannya oleh penyelenggara. Jangan sampai kecurangan-kecurangan antar caleg yang bekerjasama dengan oknum petugas PPS tersebut dibiarkan. 

"Penegak hukum atau polisi juga harus tegas untuk menjerat oknum PPS dan oknum caleg yang curang itu dengan pasal pidana pemilu," pungkasnya. (Don)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...