foto : internet

Anies Akan Bebaskan Pajak Bumi Bangunan untuk Untuk Guru Pensiunan PNS hingga Mantan Presiden

Selasa,23 April 2019 - 15:44:47 WIB Di Baca : 605 Kali

Riauaktual.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membebaskan Pajak Bumi dan Bangunan untuk guru di DKI Jakarta. Selain guru, Anies menyebut pembebasan itu juga berlaku untuk pensiunan PNS, veteran, hingga mantan presiden ataupun wakil presiden.

"Untuk pensiunan guru, purnawirawan TNI-Polri, pahlawan, perintis kemerdekaan, sampai penerima bintang kehormatan dari Presiden," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (23/4).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebut pembebasan PBB itu sebagai bentuk tanda jasa. Akan tetapi, pembebasan itu hanya berlaku sampai tiga generasi untuk veteran dan dua generasi untuk guru.

Loading...

Tak hanya itu, Anies menyatakan pembebasan PBB juga hanya berlaku untuk rumah pertamanya saja.

"Kalau dia punya dua rumah, rumah kedua enggak. Hanya untuk rumah pertama yang ditinggal," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah untuk menghapuskan Pajak Bumi dan Bangunan bagi Rumah dan Rusun dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sampai dengan Rp 1 miliar.

"Misalnya sekarang nih Rp 1 miliar, boleh enggak besok di bawah Rp 2 miliar? Boleh kan. Cuman kita itu bayangannya revisi berarti dihilangkan, enggak, revisi itu boleh ditambah. Dan saya nggak ngomong ada perubahan," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (23/4).

Dalam Pasal 4A Pergub Nomor 38 Tahun 2019 menyebutkan pembebasan PBB hanya berlaku sampai 31 Desember 2019. Anies mengatakan belum dapat memastikan dalam kebijakan yang akan berlaku pada 2020.

Sebab, kata dia, saat ini Pemprov DKI tengah melakukan pendataan ulang objek pajak.

"Nanti kita buat policy yang lebih luas. Jadi kalau mau revisi itu bukan berarti dihilangkan. Kita bilang ada kajian menggunakan data," jelasnya.


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...