Ada Dampak Mengerikan Tidur dengan Lampu Menyala, Jangan Anggap Remeh Ya!

Ada Dampak Mengerikan Tidur dengan Lampu Menyala, Jangan Anggap Remeh Ya!
Ilustrasi (net) Tidur Lampu Menyala

Riauaktual.com - Setiap manusia memang memerlukan tidur yang cukup untuk menjaga stamina agar bisa kembali beraktivitas seperti biasa keesokan harinya.

Waktu terbaik untuk tidur yaitu 7 hingga 8 jam sehari. Dan tidak boleh terlupakan mematikan lampu kamar. Terdengar sepele memang, tapi lampu dimatikan ketika tidur ada manfaatnya loh tipstrenners.

Sebab jika tidak dimatikan paparan cahaya dari lampu kamar sebelum tidur bisa mengganggu produksi hormone melatonin yang merangsang rasa kantuk.

Bukan hanya itu saja, nah berikut dampak yang akan kamu rasakan ketika akan tidur lampu kamar tidak dimatikan, sebagaimana dikutip dari Pojoksatu.id.

1. Mengganggu kesehatan reproduksi

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang terbiasa dengan lampu menyala saat tidur, siklus kesehatan reproduksinya menjadi lebih mudah terganggu.

Riset yang diterbitkan jurnal Epidemiologi juga menyatakan hal yang serupa.

Sebanyak 71.077 wanita yang diteliti dalam riset tersebut menunjukkan hasil bahwa wanita yang mendapatkan paparan cahaya berlebihan di malam hari menunjukkan gangguan siklus menstruasi.

2. Mengalami Kelelahan

Lampu menyala saat tidur juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kelelahan saat bangun di keesokan harinya.

Paparan cahaya sebelum atau selama waktu tidur akan membuat seseorang kesusahan tidur karena otak tidak cukup memproduksi melatonin yang merangsang tidur.

3. Selalu Depresi

Tidak hanya menyebabkan kelelahan, lampu menyala saat tidur juga dapat mengganggu kesehatan mental, Ladies. Cahaya lampu saat tidur dapat memengaruhi suasana hati dan perasaan yang berakhir pada depresi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry membuktikan bahwa cahaya di malam hari meskipun intensitasnya redup, tetap akan meningkatkan perubahan fisiologis yang mengarah pada depresi.

4. Melemahkan imunitas tubuh

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lampu yang menyala saat tidur dapat menyebabkan orang sulit dan kurang tidur. Padahal tidur yang cukup memegang peranan penting dalam menjaga sistem imunitas manusia.

Jika kurang tidur otomatis imun tubuh juga akan terganggu. Kalian semua team mana nih tipstrenners, dimatikan lampunya atau dinyalakan? Tapi jangan anggap remeh ya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index