Enam Manfaat Gula Merah yang Perlu Kamu Tahu, Apa Saja?

Enam Manfaat Gula Merah yang Perlu Kamu Tahu, Apa Saja?
Lezatnya gula merah (Foto: Inst de.gulos)

Riauaktual.com - Kita sering menggunakan gula merah untuk campuran berbagai macam makanan. Misalnya saat bikin serabi dengan siraman kuah gula merah.

Saat bikin wedang jahe, kita juga memakai gula merah. Sebab rasanya lebih terasa segar dan lezat ya. Selain rasanya manis dan lezat, apa saja manfaatnya?

 gula merah

1. Meningkatkan energi

 Gula merah memberi dorongan energi alami untuk waktu yang singkat. Ini akan memberi seseorang kekuatan sementara dan terbangun saat merasa lemah.

2. Meningkatkan pencernaan

Gula merah sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan karena membantu memperbaiki sistem pencernaan lambung. Rebuslah gula merah dengan jahe untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Bisa jadi antiseptik

Gula merah memiliki sifat antiseptik yang membantu penyembuhan luka ringan dan memar. Gula merah memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka.

4. Bermanfaat untuk ibu hamil

Gula merah dianggap sangat baik bagi ibu hamil agar pulih dengan cepat setelah melahirkan. Gula merah telah digunakan sebagai obat yang efektif untuk mengobati flu. Jika seseorang terserang pilek, cukup merebus gula merah dan beberapa iris jahe serta sedikit air.

5. Mencegah asma

Orang yang memiliki asma dan masalah pernapasan lainnya dianjurkan untuk mengganti gula putih dengan gula merah. Konsumsi gula merah akan mencegah asma dan melawan reaksi alergi lainnya.

6. Memberikan perlindungan pada kulit

Gula merah sangat baik untuk kulit karena menghidrasi dan melembapkan kulit. Manfaat ini dapat mengurangi pembengkakan pada kulit. Di dalam gula merah terdapat vitamin B yang akan melindungi kulit dari efek penuaan dan mencegah sel-sel kulit dari kerusakan.

 

 

Sumber: Okezeone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index