Perokok Rentan Tertular Virus Corona!

Perokok Rentan Tertular Virus Corona!
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Anda perokok? Dari sekarang baiknya Anda berhenti. Sebab apa? Berdasarkan penelitian Ikatan Dokter Indonesia (IDI), perokok lebih rentan terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Hal itu diungkapkan dokter ahli paru yang juga anggota IDI, Erlina Burhan saat diskusi virtual di Jakarta, kemarin.

Erlina menjelaskan, Covid19 berpotensi menginfeksi perokok baik melalui kandungan zat rokoknya hingga kebiasaan yang dilakukan saat merokok.

“Aktivitas merokok dapat menurunkan imunitas tubuh. Merokok dapat melumpuhkan mucocilliary clearance (proses penjernihan) di saluran pernapasan. Hal ini menyebabkan Virus Corona lebih mudah masuk ke dalam tubuh seorang perokok,” kata Erlina, sebagaimana dikutip dari Rmco.id.

Selain itu, lanjut Erlina, aktivitas merokok juga membuat seseorang seringkali menempelkan jari ke bibir. Dan aktivitas tersebut tentunya dapat membawa virus masuk ke dalam tubuh.

“Merokok ini melemahkan sistem imun sehingga tubuh sulit untuk melawan Virus Corona yang masuk,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia dan 60 di antaranya bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Karena itu, kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan pada paru dan saluran napas, bahkan menimbulkan penyakit pada sistem pernapasan seperti bronkitis kronis, emfisema bahkan kanker paru.

Kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan penyakit lain seperti kardiovaskuler, penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker organ lain di luar sistem pernapasan.

Seorang perokok umumnya akan mengalami penurunan fungsi paru, sehingga rentan baginya mengalami sesak napas.

Karena alasan-alasan itu, Erlina menyebut, pandemi Covid-19 bisa dijadikan momentum bagi setiap perokok untuk berhenti merokok.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index