Muslim Madani Mart Sosialisasikan Perizinan dan Lebel Halal MUI Kepada UMKM

Kamis,04 April 2019 - 19:37:49 WIB Di Baca : 263 Kali

Riauaktual.com - Binis ritel, Muslim Madani Mart (MMM) melakukan sosialisasi pengurusan perizinan dan label halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini merupakan bagian dari milad usaha berbasil islami.

Kegiatan ini diadakan di Muslim Madani Mart Jalan Bukit Barisan yang merupakan cabang usaha ketiga. Dalam kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 UMKM.

"Muslim Madani Mart saat ini sudah mendekati satu tahun usianya. Kita berdiri sejak tanggal 3 Juni 2018. Yang pertama itu kita hadir di Jalan Taman Karya. Ini sudah hampir bulan Juni lagi jadi sudah hampir setahun. Untuk itu kita melakukan serangkaian acara dan salah satunya adalah pembinaan untuk UMKM," ucap Founder Muslim Madani Mart Junaida di selah pelatihan Kamis (4/4/2019).

Loading...

Ia mengatakan pembinaan ini lebih diprioritaskan untuk UMKM yang produknya di jual di Toko Muslim Madani Mart.

"Jadi kita lihat sebagian belum lengkap perizinannya. Sebagian mungkin baru ada izin Produk Industri Rumah Tangga  (PIRT) dan mungkin masih banyak yang belum tau Izin Usaha Kecil Menengah atau IUMK nya, terus juga label halal nya. Untuk itu kita sebagai perusahaan yang punya visi misi spiritual company berlandaskan islam, kita ingin produk yang masuk ke kita sudah terjamin kehalalannya dan lengkap perizinannya. Jadi konsumen yang datang ke kita merasa nyaman untuk berbelanja di tempat kita," imbuhnya.   

Disampaikan Junaida lagi, dengan diberikannya pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM tergerak untuk bisa melengkapi semua perizinan.

"Harapan kita setelah mendengarkan materi-materi yang disampaikan, para pelaku usaha ini tergerak hatinya untuk mengurus semua perizinan karena memang pengurusannya nggak sulit," ucapnya lagi.

Kedepannya kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh Muslim Madani Mart. "Insya allah akan terus berkelanjutan. Mungkin kedepannya kita bisa berikan pelatihan tentang pengemasan atau label dan pelatihan lainnya. Sehingga UMKM yang ada di kita ini mampu berdaya saing dan layak terjun ke dunia usaha retail modern," pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Riau, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) kota Pekanbaru, Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dan juga Dinas Kesehatan Pekanbaru.

"Kita sangat apresiasi kegiatan ini, karena menambah ilmu pengetahuan,"ucap Mirna salah satu perseta. (nda)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...