ils/ int

Ilmuan NASA Sebut Bulan Saturnus Bisa Ditinggali Manusia

Minggu,24 Maret 2019 - 12:01:51 WIB Di Baca : 315 Kali

Riauaktual.com -  Insinyur NASA, Janelle Wellons mengklaim Titan, bulan terbesar Planet Saturnur, bisa menjadi rumah bagi manusia. Hal itu dibagikan Wellon di Reddits belum lama ini. 

Titan, kata dia, memiliki 14 persen gravitasi Bumi. Sehingga akan terasa sangat berbeda dengan Bumi. Tetapi atmosfernya yang tebal akan membuat hidup lebih mudah daripada udara tipis Mars atau Bulan.

“Titan adalah bulan terbesar Saturnus, lebih besar dari planet Merkurius, jadi saya pikir kita bisa puas dengan banyak ruang. Sangat padat sehingga kita benar-benar bisa menempelkan sayap ke tangan kita dan terbang di bulan ini," tulisnya, dikutip dari Express.co.uk, Minggu (24/3/2019).

Loading...

Titan adalah satu-satunya tempat selain bumi yang diketahui memiliki cairan dalam bentuk danau dan laut di permukaannya. "Cairan ini terbuat dari metana, tetapi dipersenjatai dengan jenis alat pelindung yang tepat, orang secara teoritis bisa berenang tanpa membahayakan dirinya."

Sifat-sifat Titan ini menjelaskan mengapa Wellons percaya Titan layak huni bagi manusia, tetapi ada juga beberapa aspek yang kurang menarik untuknya. Misalnya Titan, karena jauh dari Matahari, memiliki suhu rata-rata -179C.

Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk sampai ke sana, di mana para astronot harus mentolerir gelombang radioaktif dari Matahari, gayaberat mikro dan banyak tekanan.

Meskipun demikian, Titan tampaknya menjadi tujuan masa depan yang populer di kalangan ilmuwan, dengan ahli astrofisika Brian Cox juga merasa optimis tentang kemungkinan tersebut.

Dia pernah mengatakan kepada Stephen Fry pada sebuah episode BBC Cukup Menarik bahwa seseorang dapat "menghancurkan Ewok" di salah satu danau metana cair super dingin Titan.

Sebelumnya, ilmuwan NASA Amanda Hendrix mengatakan Titan bisa menjadi tuan rumah kehidupan alien.

Dr Hendrix, co-lead dari NASA Roadmaps to Oceans World Group, mengatakan: "Saya pikir mungkin saja ada beberapa bentuk kehidupan sederhana di beberapa dunia lautan di tata surya luar kita."


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...