Rambut rontok Foto: webmd

Begini Cara Mencegah Kerontokan Rambut Lewat Makanan

Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:06:56 WIB Di Baca : 402 Kali


Riauaktual.com - Rambut rontok bisa disebabkan oleh beragam hal, mulai dari proses penuaan hingga bleaching dan pewarnaan rambut. Satu hal yang jarang disadari, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh asupan makanan yang kurang baik.

Asupan protein, karbohidrat kompleks, zat besi, vitamin, dan mineral yang seimbang memegang peranan besar dalam pertumbuhan rambut. Sayangnya, sebagian orang menerapkan pola makan yang tidak seimbang sehingga kebutuhan ini tak terpenuhi dengan baik.

Saat zat gizi dari makanan masuk ke dalam tubuh, tubuh akan membagikan zat gizi tersebut ke berbagai bagian tubuh yang membutuhkan. Tubuh akan mengutamakan pemberian zat gizi untuk organ-organ penting terlebih dahulu seperti jantung, hati, dan ginjal.

"Tubuh Anda mengambil sebagain kecil zat gizi untuk hal-hal yang membuat Anda tetap hidup," ujar ahli gizi Kait Richardson seperti dilansir di WMC Action News 5.

Rambut akan mendapatkan sisa dari zat gizi yang tak terpakai oleh organ-organ penting. Bila asupan gizi tak mencukupi sejak awal, maka rambut hanya akan mendapatkan zat gizi dalam jumlah yang lebih kecil.

Di samping asupan gizi yang seimbang, kombinasi makanan juga penting dalam menentukan kesehatan rambut. Mengombinasikan makanan tinggi zat besi dengan makanan yang tinggi akan kalsium dapat membuat penyerapan zat besi menjadi lebih terbatas.

"Makanan-makanan (tinggi kalsium) tersebut akan membatasi seberapa banyak zat besi yang terserap dari makanan," ujar Richardson.

Mendapatkan asupan zat gizi tertentu dalam jumlah terlalu banyak juga dapat memicu kerontokan rambut. Terlalu banyak asuupan vitamin A misalnya, merupakan salah satu faktor terjadinya kerontokan rambut.

Asupan vitamin A yang berlebih dapat menyebabkan folikel rambut mencapai akhir tahap pertumbuhan dengan sangat cepat. Untuk meredam proses ini, minyak ikan, hati, dan keju dapat membantu.

Bila perubahan pola makan tak mengatasi masalah kerontokan rambut, ada baiknya mengonsultasikan diri ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Bisa jadi kerontokan rambut disebabkan oleh masalah lain di luar pola makan, misalnya obat-obatan, stres akibat trauma, sampo yang tidak cocok, atau rambut terlalu banyak terpapar panas.

 

 

Sumber: pojoksatu.id





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com