Pengabdian Mahasiswa KKN Unri Cepat Tanggap Covid-19 Melakukan Penyemprotan Disinfektan

Pengabdian Mahasiswa KKN Unri Cepat Tanggap Covid-19 Melakukan Penyemprotan Disinfektan
Mahasiswa KKN Unri melakukan foto bersama seusai kegiatan penyemprotan disinfektan

Riauaktual.com - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia memiliki dampak yang signifikan, salah satunya pada sektor pendidikan. Dampak tersebut menuai perhatian khusus dari Universitas Riau yang kini menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) bagi mahasiswa. Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya pandemi covid-19 ini memunculkan banyak problematika dalam pelaksanaan KKN mahasiswa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terdapat perubahan terkait ketentuan pelaksanaan KKN dimana sebelumnya mahasiswa terjun langsung ke desa, namun saat ini mahasiswa KKN cukup menyelenggarakan kegiatan di tempat pengabdian sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Riau.

Adanya ketentuan baru tersebut tidak menyurutkan antuasias mahasiswa dalam melaksanakan KKN. Hal ini terbukti bahwa mahasiswa KKN balek kampung Tangkerang Barat telah melakukan penyemprotan disinfektan dalam rangka upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Kelurahan Tangkerang Barat.

Program penyemprotan cairan disinfektan yang dilaksanakan pada Selasa (11/08/2020) pagi ini pun berlangsung dengan lancar.

Bahan yang digunakan juga terbilang sangat sederhana, hanya dengan menggunakan bahan rumah tangga diantaranya pembersih lantai yang dicampur dengan air lalu dicampur dengan rata dan dimasukkan kedalam alat penyemprotan.

Mahasiswa kukerta balek kampung Unri 2020 Tangkerang Barat, mengutamakan bahan disinfektan yang aman digunakan, agar tidak berdampak negatif bagi lingkungan warga, serta tetap mematuhi protokol kesehatan upaya pecegahan covid-19 dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan WHO.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di tempat ibadah di sekitar Kantor Lurah Tangkerang Barat. 

Mahasiswa KKN memulai penyemprotannya di Masjid Paripurna Al-Mannar Jl. Tongkol yang didampingi dengan ketua masjid nya yaitu bapak Saini yang menyambut hangat mahasiswa KKN. Kemudian melanjutkan penyemprotan ke Vihara Citta Maitreya di Jl. Komp. Nangka Permai.

Beberapa pencegahan covid-19 sudah dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Tangkerang Barat setempat dan dengan adanya mahasiswa KKN Balek Kampung Unri ini diharapkan dapat mendukung masyarakat untuk selalu cepat tanggap covid-19. Harapannya dengan adanya pecegahan ini dapat mengurangi rantai penyebaran covid-19. (rilis)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index