Satu Orang Meninggal Tiap 15 Detik karena Covid-19

Satu Orang Meninggal Tiap 15 Detik karena Covid-19
Warga setempat menggotong jenazah korban Covid-19 untuk dimakamkan di Pemakaman Onion Field Cemetery di distrik pedesaan Paucarpata, dekat dengan kota

Riauaktual.com - Kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia telah menembus angka 700.000 jiwa pada Rabu (5/8), menurut data Reuters. Kematian tertinggi terjadi di Amerika Serikat (AS), Brasil, India, dan Meksiko.

Mengacu pada data penghitungan Reuters dalam dua pekan terakhir, rata-rata hampir 5.900 orang meninggal dunia tiap 24 jam akibat Covid-19. Jumlah itu sama dengan 247 nyawa melayang tiap jam, atau satu orang meninggal dunia tiap 15 detik.

Amerika Latin menjadi salah satu kawasan paling parah terpapar corona. Awalnya, virus corona lambat mencapai Amerika Latin, wilayah dengan penduduk 640 juta jiwa, daripada negara-negara lainnya di dunia. Namun, pemerintah di kawasan itu kesulitan berjuang menahan penyebarannya karena kemiskinan di kawasan itu dan kondisi kota-kota yang padat.

Menurut Program Pemukiman Warga PBB, lebih dari 100 juta orang di seluruh Amerika Latin dan kepulauan Karibia tinggal di daerah kumuh. Kebanyakan bekerja di sektor informal dan sedikit yang mendapat jaring pengaman sosial. Mereka juga terpaksa harus bekerja saat masa pandemi.

Saat ini, di kawasan Amerika Latin tercatat lebih dari 206.000 kasus kematian, atau sekitar 30 persen dari total kasus kematian global.

Brasil, negara Amerika Latin yang paling parah terpukul oleh virus novel corona, kini telah mencatat sebanyak 95.819 kematian pada Selasa (4/8). Kemudian Meksiko, di tempat kedua dengan catatan sebanyak 48.869 kematian. Penyebaran pandemi juga meningkat di Kolombia, Peru, Argentina, dan Bolivia.


 

Sumber: Reuters/CNA

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index