Mendagri Tjahjo Kumolo Pimpin Apel HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Nasional di Pekanbaru

Rabu,06 Maret 2019 - 22:49:25 WIB Di Baca : 710 Kali

PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo, memimpin apel HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Nasional, di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu (6/3/2019).

Dalam arahannya, Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan kepada Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

"Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa terjun ke lapangan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat," pintanya.

Kemudian dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu), diharapkan Damkar, Satpol PP dan Linmas dapat melekat terhadap Polda dan Polres setempat."Ini untuk meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat pemungutan suara dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat," pesannya.

Lebih jauh Mendagri mengatakan fungsi melayani masyarakat tidak hanya pada perizinan dan regulasi saja termasuk fungsi Damkar, Linmas dan Satpol PP tetap dibutuhkan.

"Saya kira itu intinya, agar kedepan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi," tegasnya lagi.

Tak lupa, Mendagri Tjajo Kumolo juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadikan momentum peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tahun 2019 ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa.

"Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta masyarakat diaatas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat," ajaknya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang menghadiri acara tersebut mengaku gembira karena Pekanbaru menjadi tuan rumah.

"Sangat senang karena banyak tamu dari sejumlah daerah di nusantara hadir dalam ajang ini. Apalagi kita dapat kehormatan Pak Menteri datang memimpin langsung upacara," terangnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menambahkan, tidak mudah bagi Kota Pekanbaru untuk bisa terplih sebagai tuan rumah penyelenggaran iven tingkat nasional seperti HUT Damkar,

"Kita sudah sampaikan permohonan menjadi tuan rumah sejak awal tahun lalu, pasca peringatan HUT Damkar di Ambon," ungkap Burhan Gurning. 

Sebagai informasi, sejumlah kegiatan sudah digelar dalam rangkaian HUT Damkar, HUT Satpol PP dan HUT Satlinmas. Diantaranya jalan sehat di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan skill competition personel Damkar.

Kegiatan lainnya yang juga digelar adalah Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas hingga bazar di areal Stadion Kaharuddin Nasution.

Pada peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Nasional yang digelar di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai dipadati ribuan penduduk. Mereka yang hadir berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mewakili 34 provinsi yang ada di nusantara.

Para hadirin mengenakan seragam Damkar dan Satpol PP dan atribut lengkap. Ada juga terlihat pasukan satlinmas di barisan peserta upacara.

Sejumlah atraksi menambah semarak kegiatan itu. Satu persatu atraksi silih berganti memukau para hadirin yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

Para personel Satpol PP Pekanbaru menampilkan atraksi aneka beladiri. 

Sebanyak 250 orang praja Satpol PP Pekanbaru menampilkan sejumlah atraksi unjuk kebolehan pencak silat, yong modo, jiujitsu, kempo, tinju dan karate.

Ada juga yang menampilkan atraksi memecahkan sejumlah material seperti genteng, batako hingga membuat kawat besi bengkok dengan leher. Selain itu mematahkan kawat baja dengan kelingking.

Sejumlah personel Satpol PP melakukan lompatan harimau, melompat di antara lingkaran api. Adegan itu membuat suasana sempat tegang. Atraksi lain yang memukau hadirin adalah atraksi terbang layang mengibarkan bendera Satpol PP.

Ada juga atraksi drum band dari Gita Praja Karya yang membawakan sejumlah lagu dari beberapa daerah di nusantara.

Para personel damkar juga tidak ketinggalan. Mereka menampilkan atraksi senam nozel dan senam perahu. Atraksi ini seiring pancuran air dari sejumlah unit mobil pemadam. (ADV/HUMAS)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com