Antispasi Penularan COVID-19, Camat Minas Lakukan Pengecekan Prokes di Tiap Pesantren

Antispasi Penularan COVID-19, Camat Minas Lakukan Pengecekan Prokes di Tiap Pesantren

Selasa, 21 Juli 2020 - 19:37:03 WIB Di Baca : 860 Kali


Riauaktual.com - Camat Hendra Adi Nugraha bersama unsur pimpinan kecamatan (UPIKA) Minas, melakukan monitoring dan pengecekan persiapan diberlakukannya program adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi COVID-19.

Dalam kegiatan itu, tempat yang dikunjunginya bersama unsur UPIKA Minas, diantaranya sejumlah pondok pesantren yang ada di kecamatan tersebut.

Kata Hendra, kegiatan yang dipimpinnya tersebut untuk melihat kesiapan prasarana penerapan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Dalam kunjungannya bersama Unsur-unsur Upika yang didampingi oleh Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos, juga ikut dihadiri kepala KUA Minas Subambang Isa Amsari SHi, Kanit IK Polsek Minas Ipda Budiman S Dalimunthe, serta Satpol PP Kecamatan Minas.

"Kita didampingi langsung oleh para pimpinan pondok pesantren. Yang kita kunjungi dua pondok pesantren, yakni Pesantren Aufia Global Islamic Boarding School kecamatan Minas di Jalan Bypass Chevron Rumbai - Minas, kemudian Pesantren Baiturrahman AN Nizom di Jalan Lintas Minas Perawang Km.09," sebut Camat Minas, Hendra Adi Nugraha, Selasa (21/07/2020).

Kegiatan adaptasi kebiasaan baru tersebut kata Hendra, sebatas melakukan monitoring di setiap sekolah-sekolah.

"Terutama sekolah yang memiliki asrama, disini kita ingin memastikan bahwa sekolah yang memiliki asrama tersebut aman dari penyebaran virus corona. Selain itu, kita juga memberikan masukan-masukan bagi sekolah yang mungkin belum lengkap untuk sarana maupun prasarana pencegahan COVID-19, agar ditingkatkan lebih layak lagi," Hendra Adi.

Lanjut Hendra, saat ini pihaknya masih melakukan monitoring di dua sekolah pesantren, dan beberapa hari kedepan akan kembali dilanjutkan untuk sekolah-sekolah yang belum terpantau.

"Pantauan kita dipesantren Baiturrahman An Nizom sudah cukup bagus untuk sarana maupun prasarana pencegahan virus tersebut. Namun, untuk pesantren Aufia Global Islamic Boarding School yang di Jalan Bypass sepertinya masih dalam tahap proses perlengkapan," tuturnya.

"Sebab, mereka juga masih perdana akan membuka ponpes disana. Kemudian yang kami lihat juga, anak-anak pun belum ada yang masuk sekolah, jadi kegiatan belajar mengajar disana belum ada dimulai," terang Hendra.

Dimasa new normal ini, himbau Hendra, dalam aktivitas sehari-hari agar kiranya masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona.

"Seperti saat mencari nafkah, agar tetap mengedepankan protokol kesehatan. Begitu juga saat beribadah, kita agar menjaga diri dan keluarga dari penularan wabah Covid-19 ini. Selain itu, kita juga harus yakin bahwa virus corona ini tidak bisa dianggap remeh, meskipun kita tidak boleh terlalu takut tapi kita juga tetap harus selalu hati-hati," pungkasnya. (Infotorial/Baim)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com