H + 8 Pelaksanaan TMMD Ke-108 Penerobosan Jalan 36 % Dan Pembuatan Parit 27 % Capai Hasil Maksimal  

Rabu, 08 Juli 2020 - 14:46:03 WIB Di Baca : 587 Kali


Riauaktual.com - Kodim 0105/Aceh Barat telah melaksanakan program kegiatan TMMD Reg ke-108 selama sepekan dengan target hasil sangat maksimal setelah penandatanganan MoU oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli, MS dan Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd pada hari Selasa 30 Juni 2020 kemarin hingga satu bulan kedepan, bertempat di Aula Kodim 0105/Aceh Barat Jl. Imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Rabu (8/07/2020)

Adapun target utama sasaran fisik  (TMMD) Reg Ke-108 TA.2020 di hari kedelapan berupa penerobosan jalan sepanjang 2200 M × L 7 meter, sudahg mencapai 36 %, pembuatan parit kiri/ kanan jalan dengan P 2.200 M × L 1 meter, sudah mencapai 27 %, serta pembuatan Box Culvert dengan diameter P 4 M × L 7 meter sebanyak 1 unit, telah mencapai 23%, yang dikerjakan didesa Lango Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat.

Kemudian untuk sasaran non fisik TMMD Reg Ke-108 TA. 2020 berupa kegiatan pemberian penyuluhan, pembekalan berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan pembicara dari kementerian/LPNK dan instansi/dinas/jawatan Kabupaten Aceh Barat dengan memberikan sosialisasi (Edukasi), tentang penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Pertanian (Holticultura) dan Penyuluhan Perkebunan/peternakan. untuk personil Satgas TMMD Reg Ke-108 melibatkan 150 orang, diantaranya TNI-AD 118 orang, TNI-AU 2 orang, TNI-AL 2 orang, Polres 12 orang,Pemda 16 orang dan masyarakat 10 orang di wilayah kabupaten Aceh Barat.

Pasiter Kodim 0105/Aceh Barat Kapten Inf Hendra Sahputra, selaku koorlap TMMD 108 menjelaskan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke-108 merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya.  Prioritas dari Program TMMD Reg Ke-108 menyasar pada daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah yang terkena bencana.

Kapten Inf Hendra Sahputra Menambahkan, Program kegiatan TMMD Reg Ke-108 ini sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat didesa Lango dengan membangun/merehabilitasi sarana/prasarana wilayah dan fasilitas sosial/umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat. Disamping itu juga untuk membantu pemerintah daerah (Pemda) memberdayakan wilayahnya serta meningkatkan akselerasi pembangunan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan mendukung kepentingan pertahanan didaerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa (NKRI), ujarnya.

Dansatgas TMMD Reg Ke-108 Kodim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd dari tempat terpisah menjelaskan, Operasi bakti TNI merupakan partisipasi TNI sebagai alat pertahanan negara dalam rangka pembinaan wilayah dibidang fisik, materil dan mental spiritual yang dilakukan atas perintah Panglima TNI dengan memanfaatkan tenaga, dana dan sarana dalam rangka Bakti TNI. Kriteria dalam pemilihan sasaran bakti TNI diantaranya daerah miskin, daerah terisolir/terpencil, daerah batas/terluar, daerah terkena bencana alam dan daerah kumuh perkotaan. Sebagai pelaksana adalah satuan Komando Kewilayahan (Kodam, Korem, Kodim dan Koramil).

Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd selaku Dansatgas TMMD Reg Ke-108 Kodim 0105/Aceh Barat menambahkan, Sangat apresiasi sekali kepada anggota satgas TMMD Reg Ke-108 dan masyatakat khususnya di Desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen yang masih terus bersemangat mengeluarkan tenaganya menyelesaikan pekerjaannya selama sepekan dengan cara bergotong-royong bersama dengan penuh semangat pantang menyerah.

Semangat gotong-royong bersama dalam bekerja selalu digunakan oleh anggota Satgas TMMD Teg Ke-108 Kodim 0105/Aceh Barat untuk bersama dalam melakukan kegiatan fisik yang cukup banyak menguras tenaga sehingga diharapkan bisa cepat selesai sesuai waktu yang telah ditentukan.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke-108 TA.2020 Kodim 0105/Aceh Barat bertujuan membantu Pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran non fisik guna memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh di wilayah kabupaten Aceh Barat, tambah Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd Dansatgas TMMD Reg Ke-108 Kodim 0105/Aceh Barat. (rilis)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com